Udinus Tuan Rumah Rakornas Aptikom 2019

299
JALIN KERJASAMA : Pogram Studi Teknik Elektro FT Udinus berkolaborasi bersama Teknik Elektro ITB meningkatkan kualitas pengajaran terhadap mahasiswa di Gedung B, Senin (30/9).(Maria Novena/RADARSEMARANG.ID)
JALIN KERJASAMA : Pogram Studi Teknik Elektro FT Udinus berkolaborasi bersama Teknik Elektro ITB meningkatkan kualitas pengajaran terhadap mahasiswa di Gedung B, Senin (30/9).(Maria Novena/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang akan menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Asosiasi Pendidikan Tinggi Informatika dan Komputer (Aptikom) pada 24-27 Oktober mendatang di Patra Semarang Hotel & Convention.

Rakornas Aptikom pada tahun ini mengusung tema “Memperkuat Masyarakat Ekonomi Melalui Inovasi Industri Kreatif di Era Revolusi Industri 4.0”. Aptikom terus melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia, khususnya pada bidang komputasi. Kegiatan tersebut akan mendiskusikan, merumuskan, menjalankan dan mengevaluasi berbagai program dan kegiatan cerdas yang akan mengembangkan pendidikan tinggi berbasis komputer di seluruh Indonesia.

Rektor Udinus, Prof Dr Ir Edi Noersasongko MKom berharap bahwa Rakornas Aptikom akan membuahkan ide-ide cerdas untuk perkembangan perguruan tinggi berbasis komputer di Indonesia. “Udinus akan menjadi host yang kooperatif agar rakornas ini berjalan lancar dan menghasilkan ide-ide cerdas untuk perkembangan pendidikan tinggi berbasis komputer di seluruh Indonesia,” tutur Edi.

Sementara itu, Ketua Umum Aptikom Prof Zainal A Hasibuan PhD mengatakan, loncatan revolusi industri saat ini sudah memasuki babak baru, dari industri 3.0 ke 4.0. Kurikulum era industri 4.0 juga perlu ditata ulang. “Perubahan kurikulumnya antara lain, pengembangan sentra riset dan development, peningkatan kualitas perguruan tinggi, pengembangan inkubasi bisnis start-up, serta pengembangan block chain initiatives untuk kampus digital,” tambah Zainal.

Selain acara Rakornas yang dilakukan di Udinus, terdapat beberapa kegiatan lain juga yang akan dilakukan selama kegiatan tersebut. Antara lain, Internasional Conference on Informatics and Computing (ICIC), Seminar Nasional Aptikom (Semnastik), Rakornas inti Aptikom, dan ditutup dengan city tour mengelilingi Kota Semarang. Di pembukaan Rakornas, peserta akan dihibur oleh pernampilan e-Gamelan Udinus yang pernah tampil di Unesco. Sedangkan pada penutupan Rakornas akan dihibur penampilan artis Yuni Shara. (gie/ton)