alexametrics

Kacang Tanah Terkupas Tuntas PKM Untidar Terapkan Mesin Pengupas

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, KEBUMEN – Desa Blengorwetan Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen memiliki potensi pertanian dengan komoditas kacang tanah. Namun petani terkendala dalam proses pengupasan yang menggunakan cara manual. Untuk itu melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) yang didanai Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Untidar melakukan pendampingan pada petani setempat Juni lalu.
Petani dilatih menggunakan mesin pengupas kacang tanah tipe ruji berputar. Pemanfaatan mesin pengupas kacang tanah ini dilakukan pada Gapoktan Dwijaya Manggarsari Desa Blengorwetan.

Dengan adanya pelatihan penggunaan mesin pengupas kacang tanah, diharapkan petani Desa Blengorwetan mendapatkan tambahan pengetahuan teknologi tepat guna yang dapat digunakan untuk mengupas kacang tanah hasil panen.

Pelatihan disampaikan tim PKM yaitu Xander Salahudin, S.T., M.Eng., Dr. Agus Suprapto, S.P., M.P., Ir. Sri Widodo, M.Eng., Didi Muno Irawan, Hermansyah Dwi Cahyo, dan Diky Ilham Ivandiyanto. Dan melibatkan 30 orang.

Baca juga:  Dua BPR Ternama Bersinergi

Pada kegiatan tersebut menitikberatkan pemahaman penggunaan mesin pengupas kacang tanah. Mesin pengupas kacang tanah ini menggunakan ruji berputar. Mesin dapat mengupas kacang tanah dengan ukuran yang beragam. Kapasitas pengupasan tinggi (40 kg/jam) dengan persentase pengupasan mencapai 92 persen.

Warga sangat antusias mengikuti pelatihan. “Penggunaan mesin sangat membantu petani. Dan akan lebih baik jika mesin pengupas kacang tanah dapat disesuaikan dengan kebutuhan petani yang juga membutuhkan penyiapan bibit kacang tanah,” papar ketua Gapoktan Dwijaya Manggarsari Desa Blengorwetan Suradi. (*/bis/lis)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya