Beranda # Kembangkan Usaha Rumahan

Kembangkan Usaha Rumahan

0
Kembangkan Usaha Rumahan
AKTIF BERKEGIATAN : Warga Desa Tuntang dalam acara peringatan Hari Kartini dengan berbagai kegiatan seperti lomba PKK dan mengenakan pakaian adat (ISTIMEWA).

TUNTANG – Desa Tuntang Kecamatan Tuntang memiliki produk unggulan berupa kerupuk kedelai dan kerupuk ketela. Produk ini dihasilkan oleh warga Desa Tuntang dalam skala industri rumahan.

Sekretaris Desa Tuntang Ariya Zunita mengatakan, terdapat sekitar 155 home industri kerupuk di Desa Tuntang yang ke depan akan terus dikembangkan lagi.

“Sentra kerupuk kedelai menjadi modal kakayaan yang sangat luar biasa. Karena dengan adanya industri kerupuk ini, Desa Tuntang bisa dikenal hingga luar daerah, baik tingkat kabupaten maupun provinsi,” ujar Ariya Zunita kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Kades : Muhamad Nadhirin
Kades : Muhamad Nadhirin

Mewakili kepala Desa Tuntang, Ariya menceritakan bahwa para pengrajin kerupuk di desa ini diwadahi dalam koperasi Mitra Makmur yang berdiri sejak tahun 2005. Ke depan, untuk pemasaran Pemerintah Desa akan memfasilitasi dengan keberadaan pasar Desa.

“Sebenarnya desa ini sudah memiliki pasar desa namun belum optimal pemanfaatannya. Hasil Musrembangdes yang dituangkan dalam RKPDes 2018 diprioritaskan untuk optimalisasi pembangunan pasar desa ini,” jelas Ariya.

Dengan adanya pasar desa diharapkan produk-produk hasil masyarakat bisa dipasarkan sehingga bisa meningkatkan perekonomian. Selain itu, melalui pasar desa ini diharapka produk yang dihasilkan oleh masyarakat bisa lebih berkembang lagi.

“Soalnya selain kerupuk, Desa ini juga punya potensi lain. Letak desa yang dekat Rawapening membuat kita juga memiliki pengrajin enceng gondok. Nantinya juga bisa dipasarkan di pasar desa ini,” jelasnya.

Ariya menambahkan, selain produk home industri, ke depan juga akan diarahkan untuk mengembangkan Desa Wisata. Pemandangan rawa pening yang cantik, menjadi salah satu alasan untuk menjadikan desa ini sebagai tujuan wisata. “Intinya pemerintah desa akan terus mendukung optimalisasi sumber potensi lokal,” tegasnya. (cr4/zal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.