Diet Sehat dengan Pola Makan Tepat Berdasarkan Genetik

83

JawaPos.com – Setiap manusia memiliki perbedaan, tidak hanya berbeda pada bentuk fisik dan sifat yang dimiliki saja namun juga termasuk pada jumlah kebutuhan nutrisi. Termasuk saat menjalani diet. Program diet pun tidak semuanya cocok untuk semua orang, karena setiap tubuh memiliki karakter gen yang berbeda.

Gen berpengaruh pada sifat, fisik, kesehatan, dan respon tubuh terhadap nutrisi, jenis olahraga dan risiko penyakit yang ditimbulkan. Maka jangan heran, jika ada orang yang sering makan banyak namun tubuhnya tidak mudah gemuk, dan ada juga sebaliknya. Atau ada orang yang baik-baik saja mengonsumsi suatu makanan dan yang lain memiliki efek samping jika mengonsumsinya. Nutrisi dan latihan fisik dengan porsi yang sama, belum tentu memberikan efek yang sama bagi setiap orang.

“Misalnya seseorang yang memiliki latar belakang keluarga dengan keturunan diabetes. Tentunya dietnya juga berbeda dengan yang tak punya keturunan,” kata Dokter Spesialis Gizi Klinik Prodia Health Care Kemang dr. Arti Indira, M.Gizi, Sp.GK dalam peluncuran program diet dan pemeriksaan berbasis genetik dari rangkaian Prodia Genomic yakni Prodia Nutrigenomics di Jakarta, Jumat (12/7).

Menurutnya, makanan sehat sekalipun memiliki respon yang berbeda untuk setiap orang terhadap penyakit tertentu. Perbedaan tersebut bersifat spesifik untuk satu individu. Bahkan, anak kembar pun bisa memiliki kebutuhan nutrisi, jenis olahraga, dan risiko penyakit yang berbeda.

Untuk guna mengetahui pola makan yang tepat, hadirlah Prodia Nutrigenomics. Assistant Vice President Business & Marketing Clinical Laboratory Prodia, Indri Marya Wulandari mengatakan, program ini dapat memudahkan seseorang dalam melakukan pengaturan pola makan dan gaya hidup yang tepat sesuai profil genetik. Sehingga bisa mencegah munculnya risiko penyakit terutama penyakit degeneratif seperti obesitas dan diabetes. Pemeriksaan ini cukup dilakukan satu kali seumur hidup.

Manfaat dari Prodia Nutrigenomics adalah sebagai panduan dalam memilih makanan pada program penurunan berat badan dan panduan gaya hidup untuk tetap sehat dan preventif terhadap penyakit. Artis dan Presenter Ayu Dewi menuturkan sudah pernah mendengar adanya tren diet yang menggunakan pemeriksaan DNA dan genetik sebagai dasar atau pedoman. Dia akan mengajak keluarganya ikut serta untuk memeriksakan genetiknya agar mengetahui asupan makanan minuman terbaik sesuai tubuh masing-asing

“Kalau soal kesehatan sih selalu detail, cek darah juga rajin. Minum air putih sih wajib ya. Dan pernah mendengar soal tes DNA ini, untung ada rezekinya ya diajak periksa. Makanya saya mau ajak suami dan anak-anak juga niatnya. Kalau niat kurus sih itu bonus ya yang penting sehat,” kata Ayu Dewi.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani