6 Langkah Sederhana Cegah Bahaya Komplikasi Diabetes

391

JawaPos.com – Diabetes merupakan penyakit yang berlangsung lama atau kronis ditandai dengan naiknya kadar gula (glukosa) darah. Penumpukan glukosa di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik akan menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Jika diabetes tidak dikontrol dengan baik, dapat timbul berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderita.

Komplikasi yang terjadi bahkan bisa terjadi dari ujung kepala hingga ujung kaki. Dari mulai gangguan penglihatan, risiko stroke, penyakit jantung koroner, gagal ginjal, gangguan seksual, hingga ancaman amputasi karena luka pada kaki.

“Yang paling efektif mencegah timbulnya komplikasi diabetes adalah disiplin pasien diabetes dalam gaya hidup dan tentunya juga mengadakan komunikasi,” jelas Dokter Spesialis penyakit dalam Siloam Hospitals TB Simatupang dr. I Gusti Ngurah Adhiartha, Sp.PD-KEMD, FINASIM kepada JawaPos.com baru-baru ini dalam kegiatan halal bihalal Idul fitri 1440 H bersama komunitas.

Umumnya dokter dapat mengobati diabetes pada penderita gejala diabetes di fase satu. Namun, ketika sudah melewati diabetes fase dua, dokter hanya bisa membantu mengurangi dengan pengobatan dari keluhan rasa sakit penderita komplikasi diabetes.

Data International Diabetes Foundation (IDF) pada tahun 2017 menyebutkan bahwa Indonesia menempati peringkat enam di dunia untuk prevalensi penderita diabetes tertinggi setelah Tiongkok, India, Amerika Serikat, Brazil, dan Meksiko. Prevalensi orang dengan diabetes di Indonesia pun cenderung meningkat, yaitu dari 6,9 persen (Riskesdas 2013) menjadi 8,5 persen (Riskesdas 2018).

Olahraga stretching tubuh yang dilakukan para komunitas RS Siloam untuk mengendalikan diabetes. (dok Siloam)

Data Riskesdas 2013 menyebutkan 90 persen dari total kasus diabetes merupakan diabetes tipe 2, yang umumnya terjadi pada orang dewasa. Namun, beberapa tahun terakhir semakin banyak ditemukan pada usia dewasa muda kurang dari 30 tahun bahkan pada anak-anak dan remaja. Untuk itu diperlukan kegiatan untuk mengedukasi tentang diabetes.

Maka ada beberapa langkah sederhana yang bisa diterapkan pasien diabetes untuk lebih disiplin. Apa saja?

Jenis Makanan

Pemilihan jenis makanan yang tepat bagi penderita diabetes akan sangat membantu terkontrolnya kadar gula darah dalam tubuh. Misalnya membatasi asupan karbohidrat sesuai petunjuk dokter.

Porsi Makan

Tepat jumlah porsi makanan. Tidak hanya jenis, porsi makan tentu juga sangat memengaruhi keberhasilan diet diabetes. Makan dengan kadar seimbang.

Jadwal Makan

Jangan makan dikala lapar dan saat makan dicukupkan, tidak perlu kenyang. Makan teratur, pagi siang dan malam.

Minum Obat

Khusus pasien diabetes, satu pola hidup tambahan adalah teratur makan obat.

Olahraga

Olahraga rutin baik untuk penderita diabetes karena membawa beberapa manfaat kesehatan, seperti meningkatkan sensitivitas terhadap insulin. Misalnya bisa dengan olahraga renang, yoga, atau jalan cepat.

Kurangi Stres

Mengendalikan atau manajemen stres akan mengatur kadar gula darah tetap stabil.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani