Lompatan Besar Zhang Shuai di Wimbledon 2019

312

JawaPos.Com-Petenis Tiongkok Zhang Shuai membuat catatan besar pada grand slam Wimbledon tahun ini. Untuk kali pertama sepanjang karirnya, petenis nomor 50 dunia itu memastikan lolos ke babak keempat alias 16 besar. Kemarin dia menaklukkan mantan petenis nomor satu dunia Caroline Wozniacki dalam dua set langsung 6-4, 6-2.

Hasil ini melengkapi raihan apik Shuai pada babak pertama. Saat itu dia sudah lebih dulu menumbangkan petenis unggulan lain yakni Caroline Garcia 6-4, 6-0. Garcia datang ke ajang ini sebagai unggulan ke-23.

Kemenangan Shuai atas Wozniacki ini sempat diwarnai protes pada set kedua oleh Wozniacki kepada wasit. Itu terkait dengan hasil hawk eye yang dua kali menguntungkan Shuai. “Menurut saya hasil grafis hawk eye kali ini absurd. Atau mungkin hanya saya yang melihat dari sisi berbeda,” ucap petenis Denmark tersebut dilansir The Guardian.

Sementara itu, awan hitam yang menggelanyuti Angelique Kerber belum juga pergi. Malah-malah semakin pekat. Datang sebagai juara bertahan, kemarin, mantan petenis nomor satu dunia itu takluk pada babak kedua grand slam Wimbledon. Dia dihabisi petenis lucky loser asal Amerika Serikat Lauren Davis 6-2, 2-6, 1-6 dalam tempo satu jam 55 menit.

Kekalahan ini meneruskan hasil buruk pertandingan Kerber sepanjang musim ini. Dari 12 turnamen yang sudah dia ikuti sejak Januari, belum satu pun yang mampu dia menangi. Takluk pada babak kedua Wimbledon ini juga melengkapi hasi buruk yang petenis Jerman itu raih pada dua ajang mayor pertama tahun ini.

Pada Australia Terbuka, Kerber tumbang pada babak 16 besar. Sementara di Prancis Terbuka, petenis 31 tahun ini malah langsung pulang di babak pertama. Dia ditaklukkan petenis nomor 81 dunia asal Rusia Anastasia Potapova.

Rentetan hasil negatif ini akan berujung pada awal pekan ini. Untuk kali pertama sejak 2017 Kerber bakal terlempar keluar dari ranking sepuluh besar dunia. “Sungguh ini menyedihkan,” ucap Kerber dilansir Tennis.com.

Pada babak ketiga, Davis sudah dinanti petenis Spanyol Carla Suarez Navarro. Pada babak kedua lalu, Navarro mengalahkan Pauline Parmentier 7-6(2), 7-6(4).

Editor : Ainur Rohman

Reporter : I’ied R. Rifadin