TNI Warga Sepakat Pugar Mushola Tua

383

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Sudah lama tidak pernah direnovasi dan keadaan bangunan semakin rapuh, warga RT.02 RW.02 desa Gringsing Kecamatan Gringsing dan anggota TNI dari Koramil 03 Gringsing, memugar Musholla Darul’ Ulud.

“Bangunan ini sudah ada sejak kakek saya masih hidup. Hanya saja tidak ada yang tahu kapan berdirinya karena tidak ada dokumentasi,” kata Kiai Soleman sesepuh sekaligus imam mushola, Kamis (4/7/2019).

Diperkirakan berusia lebih dari seabad, Mushola berukuran 12X7 meter itu, memang dari berbagai kesaksian termasuk yang tertua di desa Gringsing. Musyawarah lingkungan dipimpin Bhabinsa dari Koramil 03 Gringsing Serma Slamet Sudiran dan ketua RT Nadhirin beberapa waktu lalu.

Dari musyawarah itu disepakati bangunan musholla Darul ‘Ulum dirombak total dan menambah ukuran menjadi 15X7 meter dengan biaya swadaya murni dari warga.

“Walaupun tidak banyak, kami sebagai abdi negara ikut ikut membantu warga, dnegan menyumbang material dan tenaga dari para anggota kami,” ujar Danramil Gringsing Kapten CBA Dwi Kistanto yang memimpin langsung anggota

Warga optimis, walaupun tidak memiliki material cukup melimpah, yakin mushola akan dibangun lebih baik lagi. Sehingga bisa menampung warga setempat, yang memang setiap hari digunakan untuk ibadah salat lima waktu. Terbukti, bantuan dari berbagai pihak, baik tenga maupun material terus berdatangan.

“Meskipun swadaya tapi kami optimis pekerjaan cepat selesai karena masyarakat antusias dan mendukung,” tandas Ketua RT Nadhirin yang juga ikut kerja bakti.(han/sas)