Penjelasan Ahli Seputar Manfaat Teh Hitam Sebagai Obat Diare

285

JawaPos.com – Masyarakat percaya bahwa teh bisa mengobati masalah pencernaan dan diare. Resep itu merupakan warisan para leluhur yang diturunkan ke tiap generasi. Bukan teh biasa, tetapi harus teh hitam pekat yang pekat.

Pakar Teh Indonesia Ratna Somantri membenarkan manfaat teh hitam bisa mengobati diare. Terutama pada anak-anak. Jika diberikan teh hitam kental maka bisa mengurangi frekuensi diare.

“Pada anak kecil bisa mengobati masalah diare. Nah pada orang yang normal atau tidak sakit, teh hitam terlalu pekat bisa membuat sembelit,” ungkapnya kepada wartawan di Jakarta baru-baru ini.

Menurutnya penderita diare umumnya tak nafsu makan dan minum sehingga kurang terhidrasi. Sehingga dengan teh bisa membuat penderita diare bisa mendapatkan asupan cairan.

Khasiat teh lainnya untuk diare ada di dalam kandungan teh itu sendiri. Teh merupakan sumber senyawa aktif yang kuat yang sering dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan. Kandungan tanin yang terdapat dalam teh memiliki sifat anti-diare yang dapat mengurangi tingkat frekuensi diare.

“Sedangkan jika enggak sakit sebaiknya hanya 2-3 menit saja menyeduhnya. Sebab jika terlalu lama, antioksidan teh justru akan berkurang,” paparnya.

Dilansir dari Live Strong, Selasa (2/7), selain teh hitam, teh chamomile juga telah digunakan selama berabad-abad untuk mengobati gangguan pencernaan dan perut, termasuk diare. Pengobatan Mesir kuno juga menggunakan teh chamomile untuk manfaat pencernaan.

Sekarang, para peneliti di Inggris telah menemukan bukti baru bahwa teh chamomile dapat membantu meringankan berbagai penyakit kesehatan. Chamomile adalah teh yang banyak dijumpai di berbagai toko dengan cita rasa khas yang menyegarkan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani