Pemkab Semarang Bantu 50 Motor Roda Tiga ke Klomtan

61

RADARSEMARANG.ID – UNGARAN – Pemkab Semarang melalui Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan (Distan) Kabupaten Semarang memberikan bantuan 50 unit kendaraan bermotor (ranmor) roda tiga kepada 50 kelompok tani (klomtan) guna meningkatkan nilai tukar petani (NTP). Bantuan unit ranmor itu diberikan kepada kelompok yang menjalankan usaha pertanian maupun perkebunan. Terutama untuk wilayah yang terkendala minimnya akses jalan penghubung dari sawah atau kebun ke akses jalan yang lebih besar.
Unit ranmor roda tiga itu dapat digunakan untuk mempercepat proses budidaya seperti pengangkutan pupuk maupun bibit ke lokasi tanam. Selain itu juga untuk mempermudah pekerjaan paska panen yakni mengangkut hasil panen untuk dijual.
“Jadi kenaikan NTP berbanding lurus dengan peningkatan kesejahteraan petani,” kata Kepala Distan Wigati Sunu disela-sela acara penyerahan bantuan di kompleks Kantor Distan Kabupaten Semarang di Ungaran, Rabu (26/6/2019). Menurutnya, jika nilai tukar petani bertambah tinggi maka akan meningkatkan pendapatan petani.
“Selain itu, bantuan juga untuk mempermudah pekerjaan paska panen yakni mengangkut hasil panen untuk dijual. Sarana percepatan itu diharapkan dapat menekan biaya produksi sehingga meningkatkan nilai hasil usaha pertanian dan perkebunan oleh petani. Disinilah diharapkan nilai tawar petani dapat meningkat,” terangnya lagi.
Bupati Semarang H Mundjirin usai menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut mengimbau para petani penerima bantuan untuk memanfaatkan unit ranmor dengan efektif. Menurut Bupati, penggunaannya harus diatur dengan baik lewat musyarawah. Sehingga tidak terjadi rebutan antar anggota yang justru dapat mengakibatkan kerugian. “Gunakan (unit ranmor) ini dengan baik. Rundingkan bagaimana cara perawatan dan penggunaannya agar bisa memperlancar usaha pertanian,” pintanya.(sas)