Pesta Kuliner Khas Temanggung di Porsema

1019
KENALKAN KULINER : Salah satu stan makanan khas Temanggung dijajakan di Pendopo Pengayoman untuk meramaikan Porsema (tbh/Radarsemarang.Id)

RADARSEMARANG.ID,TEMANGGUNG – Pesta kuliner tradisional mengiringi pelaksanaan Pekan Olahraga dan Seni ‎Maarif (Porsema) yang digelar Senin-Kamis (24-27/6/2019). Pesta kuliner yang digelar di Pendopo Pengayoman itupun menarik minat masyarakat utamanya para pecinta makanan tradisional yang hendak menikmati berbagai kuliner makanan khas Temanggung.

Ketua panitia pelaksana Muhammad Nasekun mengungkapkan pesta kuliner tersebut merupakan bagian dari kegiatan Porsema Jateng yang kali ini digelar di Temanggung.

“Tujuan kegiatan ini untuk mengenalkan kuliner khas Temanggung. Ada kikil menggora, buntil, brongkos, sego jagung sego gono, sego abang, empis-empis, pepes tahu, semur jengkol, brongkos khas Menggoro, bakso uleg, ‎dan lainnya,” bebernya.

Pesta kuliner diikuti kontingen dari 30 kabupaten/kota di Jateng itu‎ digelar selama 12 jam tiap hari. Mulai pukul 10.00 hingga 22.00 malam. “Kami ingin kenalkan makanan khas kita kepada para peserta Porsema yang berasal dari berbagai daerah ini,” ujarnya.

Khusna salah satu penjual kuliner brongkos kikil menggora menyampaikan bahwa di hari pertama sudah banyak warga yang datang ke stannya. “Yang paling laris adalah buntil, kikil, dan brongkos menggora,” ucapnya.

Hanan salah seorang penikmat kuliner yang datang dengan teman-temannya menuturkan penasaran dengan brongkos menggora yang namanya sudah melegenda. “Saya penasaran dengan brongkosnya, rasanya enak,” tuturnya. (bah/ap/lis)

Editor : Agus AP