DAC Tanam Mahoni dan Kaliandra di Gunung Ungaran

207
LESTARIKAN GUNUNG-Tim Djarum Adventure Club (DAC) saat menanam mahoni di sekitar area puncak Gunung Ungaran, minggu pagi.

RADARSEMARANG.ID, UNGARAN-Kelompok Djarum Adventure Club (DAC) melakukan pendakian sekaligus penanaman pohon kaliandra dan mahoni serta pembersihan sampah plastik di Gunung Ungaran, pada Sabtu – Minggu (22-23/6). Kegiatan ekpedisi yang mendaki dari Posko Mawar, Sidomukti, Kabupaten Semarang, merupakan program rutin dari kelompok yang mewadahi aktivitas para karyawan PT Djarum.

“Kegiatan ekspedisi kali ini penanaman pohon kaliandra dan mengambil sampah – sampah plastik yang tertinggal di sepanjang jalur rute pendakian dan puncak gunung ungaran,” tutur Perwakilan DAC, Arvi Oktaviendra, dalam pemberangkatan rombongan dari kantor Djarum Regional Jateng di Semarang, Sabtu kemarin.

Pohon kaliandra dan mahoni ditanam karena mampu menahan erosi di dataran tinggi. Selain itu, lanjut Arvi, daunnya bisa digunakan makanan ternak. “Manfaat lainnya yang penting adalah, daun kaliandra yang jatuh ketanah dan dibiarkan terurai alami, akan menjadi humus tanah. Sangat baik bagi pertumbuhan tanaman,” paparnya.

Aktivitas di lingkungan gunung tersebut, wujud ekpresi karyawan menyambut ulang tahun PT Djarum yang tahun ini memasuki Ke-68. Corporate Affairs PT Djarum, Laili Fitriyana, mengungkapkan, sebelumnya sudah dilakukan ekspedisi ke Gunung Lawu, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, Gunung Prau, Gunung Kembang, Gunung Andong.

“Anggota DAC sudah mencapai 150 orang dari berbagai divisi perusahaan. Bekerjasama dengan Pusat Pembibitan Djarum, DAC turut membagikan tanaman yang sesuai lokasinya. Sebagai langkah pelestarian dan konservasi lingkungan. Seperti pinggiran danau Rawa Pening, dan pantai Laut Utara Jawa,” jelasnya. (fiq/svc/ap)

Editor : Agus AP