Buktikan 5 Manfaat Makan Tauge Setiap Sarapan untuk Kesehatan

180

JawaPos.com – Di balik mitos bisa meningkatkan kesuburan, tauge ternyata memang menyimpan banyak manfaat secara medis. Apalagi jika disantap di pagi hari sebagai menu sarapan.

Sarapan sehat adalah hal yang penting, terutama untuk membuat tubuh tetap berenergi sampai waktu makan siang. Sarapan yang baik juga meningkatkan metabolisme dan menjaga kadar gula darah stabil. Untuk orang-orang yang sadar berat badan, manfaat terbesar dari sarapan sehat adalah sarapan akan membantu tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Tauge bisa menjadi pilihin nutrisi kecil yang dapat membantu meningkatkan nilai gizi makanan pagi.

Disebutkan oleh Web MD, tauge dapat membantu mencegah kanker. Tauge memiliki lebih banyak bahan kimia alami yang disebut glukosinolat daripada brokoli. Glucosinolat telah menunjukkan khasiatnya terhadap penyakit kanker kandung kemih dalam tes laboratorium pada hewan.

“Masih belum jelas apakah hal yang sama berlaku untuk manusia, tetapi para peneliti terus mengembangkan manfaat dari tauge,” kata Ahli Kesehatan dan Profesor Ilmu Pangan Universitas Ohio, Steve Schwartz, PhD.

Dilansir dari NDTV pada Selasa (25/6), ada beberapa manfaat tauge untuk kesehatan dan sejumlah resep juga tersedia untuk menyantap tauge di pagi hari:

Menyehatkan Pencernaan
Tauge diketahui bisa membantu pencernaan. Tauge mengandung sejumlah besar enzim hidup di dalamnya yang membantu memecah makanan sedemikian rupa sehingga menjadi lebih mudah bagi saluran pencernaan untuk menyerap nutrisi. Tauge juga kaya serat. Makanan berserat tinggi membantu mengangkat feses dan membuat lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

Meningkatkan Sirkulasi Darah
Tauge meningkatkan sirkulasi darah. Tauge mengandung sejumlah besar besi dan tembaga, yang membantu mempertahankan jumlah sel darah merah yang baik. Sehingga membantu dalam mengoptimalkan kinerja sel dan organ dalam tubuh kita. Pasokan darah yang sehat juga akan merangsang pertumbuhan rambut.

Menurunkan Berat Badan
Jika khawatir mengonsumsi terlalu banyak kalori, maka tauge adalah pilihan terbaik. Tauge memiliki jumlah kalori yang dapat diabaikan. Tauge juga kaya serat yang akan membuat seseorang merasa kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama. Tauge juga dikenal menghambat pelepasan hormon kelaparan yang dikenal sebagai ghrelin.

Meningkatkan Daya Penglihatan
Tauge kaya akan vitamin A, yang meningkatkan penglihatan. Antioksidan yang ada dalam tauge diketahui melindungi sel-sel mata dari radikal bebas.

Mengatur Tingkat Kolesterol
Asam lemak omega-3 hadir berlimpah di kecambah. Asam-asam ini diketahui meningkatkan kolesterol baik.

Resep Sarapan dengan Tauge

1. Sandwich atau Omelet Tauge
Buat omelet lalu isi dengan tauge. Anda juga bisa memasukkan tomat, keju, dan lada ke dalamnya atau bisa menambahkannya ke dalam sandwich.

2. Gandum Tauge
Jika suka menyantap oat atau gandum, tambahkan tauge. Maka akan lebih renyah dan menyehatkan.

3. Salad Tauge
Beberapa orang makan salad saat sarapan. Jika Anda salah satunya, maka masukkan tauge ke dalam salad. Itu tidak hanya membuat salad lebih renyah tetapi juga lebih bergizi.

4. Yogurt Tauge
Ini bisa berupa buttermilk atau yogurt biasa. Cukup masukkan beberapa tauge. Tambahkan sedikit lada untuk menambah rasanya.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Marieska Harya Virdhani