Mercedes Bikin F1 Semakin Membosankan

73

JawaPos.com-Membosankan. Dominasi Mercedes sekali lagi membuat balapan Formula 1 berjalan tanpa drama. Hanya menarik ditonton pada dua lap pertama dan terakhir. Untuk kali keenam dalam delapan seri pembuka musim ini, Silver Arrows mengantarkan dua pembalapnya finis 1-2. Tadi malam (23/6), Mercedes melakukan dominasi total di GP Prancis.

Seperti diprediksi sebelumnya, duet pembalap Mercedes Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas kembali menguasai jalannya balapan yang berlangsung di Sirkuit Paul Ricard. Dengan demikian, rekor kemenangan beruntun Mercedes musim ini belum terhenti.

Balapan praktis sepenuhnya menjadi milik Hamilton. Dia terus memimpin sejak start dari pole position sampai finis. Saking dominannya, Hamilton sampai finis 18,056 detik di depan rekan setimnya, Bottas. Sementara itu, pembalap muda Ferrari Charles Leclerc menyusul untuk menyegel podium ketiga.

Ini menjadi kemenangan kedua Hamilton secara beruntun di Le Castellet. Atau yang keenam musim ini. Tahun lalu, dia menjadi pemenang pertama di Paul Ricard setelah resmi kembali ke kalender balap F1. Trek tersebut absen setelah menjadi tuan rumah pada edisi 2009–2017. Hamilton juga tak terkalahkan dalam empat seri terakhir beruntun sejak GP Spanyol (12/5).

Sejak start, Hamilton tak terkejar. Dia memulai balapan dengan ban medium dan mengakhiri race dengan ban hard yang terlihat sudah tergerus parah. ’’(Balapan) ini tidak akan mudah. Sebuah tantangan berat menemukan batas maksimal bersama mobil yang luar biasa ini,’’ papar Hamilton setelah balapan.

Di sisi lain, Sebastian Vettel yang berjuang dari posisi ketujuh saat start berhasil keluar dari tekanan. Upayanya terlihat sejak lap-lap awal. Bahkan, dia sudah menggamit posisi kelima di belakang Verstappen kurang dari 10 lap.

Pembalap Jerman itu melewati hadangan pembalap McLaren Lando Norris pada lap kelima. Dua lap berselang, giliran Carlos Sainz berhasil dilewati Vettel. Tetapi, dia gagal mendekat ke Max Verstappen (Red Bull-Honda) yang telanjur menjauh. Beruntung, dia sukses merebut satu poin hasil fastest lap yang dia ciptakan pada putaran pemungkas. Yakni, 1 menit 32,740 detik pada lap ke-53.

Pada dua lap terakhir, ada sedikit keseruan yang melibatkan Leclerc dan Bottas. Pembalap muda Ferrari itu berhasil memperpendek jarak dari Bottas yang sudah kehabisan ban. Sayang, dua putaran itu belum cukup untuk merebut posisi runner–up. ’’Menjelang balapan berakhir, saya bisa mengejar Valtteri. Saya melihat dia sulit menjaga grip bannya. Tetapi, saya tak punya cukup lap untuk mencoba menyerang,’’ urai Leclerc. Akhirnya, Leclerc finis dengan jarak 0,929 detik dari Bottas.

Dengan tambahan 25 poin, Hamilton kukuh di puncak klasemen pembalap sementara. Dia mengemas 187 poin, hasil dari enam kemenangan dan dua kali runner–up. Di posisi kedua, masih ada Bottas yang terpaut 36 poin dari rekan setimnya. Sedangkan Vettel menyusul di posisi ketiga dengan 111 poin. Selanjutnya, balapan singgah ke Sirkuit Red Bul Ring, Austria, Minggu pekan depan (30/6). (nap/c17/cak)