Mahaveer Raghunathan dan Kisah Konyolnya di Formula 2

75

JawaPos.com-Baru kali ini terjadi seorang pembalap dijatuhi sembilan poin penalti hanya dalam satu lomba. Rekor memalukan itu harus diterima rookie MP Motorsport Mahaveer Raghunathan yang membalap di ajang Formula 2.

Pembalap India itu dilarang membalap di Sirkuit Red Bull Ring, Austria, pekan depan (29-30/6) karena total sudah mengantongi 12 poin penalti. Kisah debut Raghunathan di F2 terdengar konyol.

Saat balapan pembuka di Bahrain, dia mendapatkan penalti karena melakukan putaran terlalu banyak. Selanjutnya, di Baku, dia butuh waktu lama untuk memutar mobilnya saat keluar jalur. Sampai-sampai, bos timnya harus memberikan arahan kepadanya cara memutar mobil melalui radio.

Monako juga menjadi akhir pekan buruk untuknya. Dia memotong jalur chicane (tikungan berbentuk ’’S”) dan mendapatkan keuntungan dari manuver ngawurnya itu. Belum selesai. Dia juga menyodok Jack Aitken ketika di–overlap.

Performanya semakin menjadi rasan-rasan di paddock F2 karena catatan waktunya di kualifikasi GP Prancis hanya satu detik lebih cepat dari mobil raihan pole position kelas Formula 3. Dan kini namanya mulai dicemooh sebagai pembalap yang tak layak berada di kelas intermediate itu.

Di feature race GP Prancis, Raghunathan dijatuhi sembilan poin penalti akibat berbagai kesalahan parah yang dibuatnya. Ditambah tiga poin penalti yang didapatnya dari seri-seri sebelumnya, Raghunathan sudah kehabisan jatah 12 poin maksimal dalam satu tahun. Seperti di F1, pembalap hanya boleh maksimal dijatuhi 12 poin penalti dalam 12 bulan. Makanya, dia dilarang membalap di Austria. Posisinya bakal digantikan Artem Markelov. (nap/c17/cak)