Cobalah Minum Jus Mentimun, Raih 7 Manfaatnya Untuk Kesehatan

103

JawaPos.com – Mentimun adalah sayuran yang banyak mengandung vitamin K, C dan A, serta kalium dan kalsium. Jika biasa dijadikan lalapan, mentimun ternyata bisa menjadi minuman yang sgear untuk melepas dahaga. Salah satunya dibuat menjadi jus.

Seperti dilansir dari Boldsky, Rabu (19/6), jus mentimun menambah nutrisi yang bisa diserap ke seluruh saluran usus. Mentimun juga membantu mengikat bakteri di saluran pencernaan dan juga mengubahnya menjadi enterolignan.

Agar manfaat mentimun lebih terasa, ada aturan minum jusnya. Bagi pria idealnya minum 3 cangkir jus mentimun per hari. Sementara perempuan boleh minum 2,5 cangkir dalam sehari.

Cara membuat jus mentimun pun cukup mudah. Siapkan 1 cangkir air, perasan lemon atau jeruk nipis. Lepaskan kulit mentimun. Iris dan potong mentimun.

Ilustrasi. Jus mentimun bisa membantu turunkan berat badan. (iStockphoto)

Tambahkan mentimun ke blender. Blender selama 1-2 menit lalu tuang mentimun yang dicampur ke dalam saringan dan saring. Tekan serat mentimun atau bubur dengan sendok, peras jus sebanyak mungkin. Tambahkan air, jika perlu, atau tambahkan lemon.

Selain membantu sistem pencernaan, ada beberapa manfaat lainnya yang bisa diperoleh dengan rutin minum jus mentimun. Antara lain,

1. Detoksifikasi

Minum jus mentimun adalah cara yang ideal untuk menghilangkan racun tubuh karena kandungan airnya yang tinggi. Jus mentimun bisa melawan batu ginjal. Asupan jus yang teratur dapat membantu melepaskan racun dan membuat tubuh Anda sehat.

2. Mencegah Osteoporosis

Kehadiran mineral seperti tembaga, magnesium, dan kalium menjadikan mentimun bahan penting untuk meningkatkan kesehatan tulang. Meminum jus mentimun secara teratur dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang, sehingga mencegah timbulnya osteoporosis dan gangguan tulang lainnya yang berkaitan dengan usia.

3. Kelola Kadar Hormon

Jus mentimun tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang, tetapi juga membantu menyeimbangkan kadar hormon. Mentimun membantu mencegah kerusakan kelenjar pituitari dan tiroid.

4. Meningkatkan Sistem Saraf

Jus mentimun dikemas dengan kandungan kalsium yang berfungsi sebagai elektrolit dan memperkuat sistem saraf dan komunikasi ke otot-otot.

5. Mencegah Kanker

Menurut penelitian, cucurbitacins yaitu senyawa bioaktif yang ada dalam mentimun memiliki potensi antikanker. Bahan aktif dan lignan dalam mentimun dapat membantu mencegah timbulnya kanker.

6. Meningkatkan Penglihatan

Kehadiran vitamin A, bersama dengan antioksidan lainnya membantu melindungi penglihatan. Menurut International Research Journal of Farmasi dan Farmakologi, konsumsi jus mentimun secara teratur membantu menunda katarakogenesis atau katarak.

7. Membantu Turunkan Berat Badan

Tanpa lemak dan karbohidrat apa pun, jus mentimun dapat membantu mengurangi berat badan. Menjadi cara yang baik untuk menurunkan berat badan sambil memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang diperlukan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani