Bernostalgia ke Era 90-an, Tren Percantik Rambut dengan Hairclip

169

JawaPos.com – Jepitan rambut atau hairclip sempat populer pada era tahun 90-an. Kini, hairclip kembali populer dan lebih modern. Model atau bentuk jepitan rambut hadir lebih beragam dan unik dengan permainan warna serta motif yang cantik.

Cara pakainya juga sedikit berbeda, tak harus sejajar kanan dan kiri atau salah satu sisi saja. Akan tetapi tren yang sedang marak penggunaannya adalah memakai hairclip dengan bertumpuk-tumpuk pada rambut. Sehingga cara itu membuat penampilan tampak lebih indah.

Dilansir dari Well and Good, Rabu (19/6), penggunaan hairclip lebih menampilkan estetika pada rambut sebagai aksesori. Bisa dengan berbagai jenis dan model baik penjepit atau clip, sirkam, dan aksesori lain agar semakin gaya. Fungsi utamanya sebetulnya agar membuat rambut tidak berantakan.

Ahli Penata Rambut Selebriti, Justine Marjan menggambarkan, hairclip saat ini sedang comeback atau kembali tren. Di antaranya seperti bentuk pin, mutiara, ikat kepala, pita, kupu-kupu, rhinestones, kristal, dan jepret klip. Baginya, selain mempercantik, hairclip yang tepat bisa membuat tekstur dan volume pada rambut.

Hal senada diungkapkan Desainer Aksesori Rinaldy Yunardi kepada JawaPos.com. Menurut Rinaldy, penggunaan hairclip jauh lebih mudah dan sederhana untuk membuat tampilan rambut lebih rapi. Meski seiring berjalannya waktu, penggunaannya justru lebih banyak untuk tujuan sekadar hiasan saja.

Hairclip mutiara. (WhoWhatWear)

Hairclip memang sedang populer lagi. Dengan berbagai batas ukuran ya, terutama kalau pakai sirkam misalnya harus semprot-semprot hair spray. Kalau pakai hairclip kan enggak perlu. Lebih untuk keseharian, menata rambut,” kata Rinaldy.

Rinaldy menambahkan hairclip yang sedang populer saat ini umumnya berukuran panjang 6 centimeter dan lebar 2 centimeter dan digunakan dengan bertumpuk. Hal itu, kata dia, merupakan kebebasan ekspresi tiap orang sesuai dengan kesukaan masing-masing.

Menurut Rinaldy, biasanya hairclip yang banyak digunakan adalah berbentuk simple seperti mutiara, kristal, dan polos. Tujuannya sebagai kebutuhan agar rambut tidak jatuh atau berantakan ke area wajah. Selain itu, tak memberikan kesan berlebihan pada kepala namun tetap cantik.

Sedangkan untuk motif, saat ini bunga, bunga tanpa kelopak, garis-garis, dan berbagai desain simple lainnya masih menjadi pujaan. Dengan warna yang paling digemari antara lain putih, gold, silver, dan hitam.

Tips Mengenakan Hairclip Sesuai Jenis Rambut dan Kerudung

Agar tak salah mengikuti tren hairclip, desainer aksesori yang karyanya telah mendunia ini membagikan tips penggunaan jepitan rambut yang tepat. Sebab, hairclip tak hanya sebatas pengatur rambut.

1. Hairclip Rambut Keriting

Cara penggunaan hairclip pada rambut keriting. (MAED.Co)

Memasukkan jepit rambut pada rambut keriting justru lebih mudah. Bisa mengenakan dengan bertumpuk dan tak perlu menggunakan hairspray. Rambut keriting membuat hairclip tak mudah melorot atau lepas karena lebih bervolume.

2. Hairclip Rambut Lurus

Gunakan hairclip yang berukuran lebih kecil atau sedang dan lebih baik jika menempatkannya berdekatan ayau berhadapan di sisi berlawanan. Atau cocok juga menambahkan hair clip pada rambut lurus yang diikat ekor kuda atau disanggul rendah. Sehingga membuat penampilan tampak lebih rapi. Boleh juga menambahkak sedikit semprotan hair spray agar tak kendur.

Salah satu contoh penggunaan hairclip pada rambut lurus. (The Zoe Report)

3. Hairclip Untuk Kerudung

Menurut Rinaldy, perempuan berhijab juga bisa mengenakan hairclip dan sedang tren saat ini. Hanya saja, untuk mereka yang berkerudung, penggunaan hairclip lebih seperti bros. Sehingga bisa dikaitkan pada kain kerudung. Menurut Rinaldy hal itu sah-sah saja sesuai dengan ekspresi masing-masing orang.

Potret Hamidah Rachmayanti bersama keluarga kecilnya. Hamidah terlihat mengenakan hairclip berwarna gold. (Instagram Hamidah Rachmayanti)

Salah satu selebgram yang terlihat mengenakan hairclip pada kerudung adalah Hamidah Rachmayanti. Dalam salah satu unggahannya di Instagram, Hamidah terlihat menggunakan hairclip berwarna emas dengan mutiara.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani