PSSI Belum Bentuk Badan Integritas Wasit

162

JawaPos.com – Keseriusan PSSI membenahi kualitas pertandingan sepak bola di Indonesia masih dipertanyakan. Hingga kini, janji-janji seperti penerapan video assistant referee (VAR) maupun pembentukan badan integritas wasit masih berada di awang-awang. Terakhir, salah seorang anggota komite wasit yang selama ini bertugas melakukan evaluasi, Purwanto, malah mengundurkan diri.

Anggota Exco PSSI Gusti Randa angkat bicara mengenai hal tersebut. Dia menyadari bahwa PSSI tidak bisa menyenangkan publik dengan kebijakan yang diambil selama ini. Tapi, yang jelas, PSSI terus berbenah menjadi lebih baik. ”Kami terus mencoba agar publik bisa percaya kepada kami,” ucapnya, Senin (17/6).

Soal badan integritas wasit, menurut Gusti, mereka masih menelaah. Apakah nanti kerja sama dengan beberapa federasi sepak bola seperti JFA (PSSI-nya Jepang) atau FA (PSSI-nya Inggris) benar-benar bisa menghasilkan sesuatu. ”Nanti hasilnya bisa dipikir, apakah wasit ini bisa berdiri sendiri sebagai badan otonom atau masih tetap berada di bawah komite wasit seperti sekarang,” ungkapnya.

Dia meyakinkan bahwa badan integritas wasit bakal berdiri pada pertengahan musim Liga 1. Saat ini mereka masih mencoba mengusulkannya kepada anggota PSSI. ”Kami pikirkan dulu, apakah nanti keputusannya cukup di exco lalu disahkan di kongres atau kami bawa ke kongres untuk diputuskan bersama-sama,” paparnya.

Mengenai mundurnya Purwanto, pria yang berprofesi sebagai pengacara itu menegaskan bahwa akan secepatnya mencari pengganti. Sebab, posisi yang selama ini dipegang Purwanto benar-benar penting.