Unisfat Demak Tambah Tenaga Doktoral

508

RADARSEMARANG.ID-DEMAK- Universitas Sultan Fatah (Unisfat) Demak kini telah memiliki dua orang dosen yang baru lulus pendidikan doctoral (S3). Yaitu, Dr Debby Rizani dan Dr Caroline. Debby lulus Teknik Sipil Universitas Brawijaya Malang jurusan Tata Kota (Planologi) dengan masa pendidikan 3 tahun 7 bulan. Sedangkan, Dr Caroline telah menyelesaikan S3 konsentrasi bidang ekonomi dengan waktu penyelesaian 5 tahun lebih.

Dr Debby mengatakan, ia lulus dengan mengangkat disertasi tentang evaluasi pengelolaan sanitasi berdasarkan partisipasi masyarakat. “Dalam disertasi ini saya membahas persoalan pengelolaan sanitasi dinegara berkembang akibat dipengaruhi kemiskinan, ketidakseimbangan lingkungan dan sosial, kepentingan politik serta rendahnya kesadaran masyarakat hidup bersih dan sehat,”katanya.

Menurutnya, perencanaan pengelolaan sanitasi yang dilakukan pemerintah secara teknokratik belum mampu menjawab masalah sanitasi dan pelayanan sanitasi secara optimal. “Karena itu, butuh sinergitas kerjasama lintas sektoral dan partisipasi masyarakat,”katanya.

Adapun, Dr Caroline dalam disertasinya menyoroti masalah human capital dan dampak human capital spilover terhadap pertumbuhan ekonomi. “Saya mengangkat persoalan moblitas tenaga kerja di 10 negara Asean,”katanya. Indonesia misalnya, pada 2004 memiliki karakteristik tenaga kerja yang berinteraksi dengan Negara yang tenaga kerjanya banyak ternyata pada 20015 justru sebaliknya. Yaitu, karakteristik tenaga kerja banyak berinteraksi dengan Negara yang tenaga kerjanya rendah. “Ada fenomena, tenaga kerja asing bekerja ke Indonesia. Sebaliknya, tenaga kerja Indonesia justru bekerja ke luar negeri. Yang paling banyak bekerja ke Korea. Sedangkan, yang bekerja ke Timur Tengah banyak berkurang,”katanya.

Rektor Unisfat Dra Suemy mengatakan, dengan dua dosen doctoral yang telah menyelesaikan pendidikannya itu, maka kini tinggal 7 orang dosen yang belum menyandang gelar doctor. “Unisfat menyekolahkan 9 dosen untuk ambil S3. Sekarang, 2 dosen sudah selesai. Sisanya masih dalam proses penyelesaian pendidikan,”katanya.

Mereka ada yang dapat beasiswa Dikti adapula yang biaya sendiri. “Unisfat total ada 84 dosen. S3 baru 2 orang. Yang S2 ada 66 orang dosen tetap dan lainnya tidak tetap,”ujar Suemy disela halal bi halal dikantornya kemarin. Dengan banyaknya dosen tersebut diharapkan Unisfat semakin maju dan berkembang. (hib/sas)