Dapatkan 5 Manfaat Sehat dari Minuman Biji Pala

100

JawaPos.com – Biji pala memiliki cita rasa manis pedas yang khas. Buahnya biasa dijadikan manisan untuk dimakan langsung. Sedangkan biji pala sering digunakan menjadi bumbu yang hangat dan pedas. Salah satunya campuran dalam bumbu kari atau makanan penutup.

Dilansir dari Medical Daily, Senin (17/6), biji pala juga bisa digunakan dalam minuman untuk memberikan manfaat bagi kesehatan. Pala, yang memiliki nama botani Myristica Fragrans, diproduksi dari biji pohon cemara tropis, banyak ditemukan di Indonesia. Pohonnya menghasilkan buah yang dipanen untuk biji pala. Lalu bijinya digiling dan digunakan sebagai bumbu atau bahan minuman biji pala.

Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa pala berpotensi membantu kesehatan jantung dan meningkatkan tingkat suasana hati.

jantung,
Biji pala membantu fungsi jantung dan hati. (Be Healthy Today)

Antiinflamasi

Mengandung sifat antiinflamasi, pala kaya akan monoterpen seperti terpineol, pinene, dan sabinene. Semuanya merupakan senyawa antiinflamasi yang dapat membantu mencegah peradangan di tubuh. Selain itu, antioksidan yang ditemukan dalam rempah ini juga menunjukkan beberapa sifat anti-inflamasi.

Antibakteri

Bumbu pala juga menunjukkan beberapa efek antibakteri, terutama terhadap beberapa strain bakteri berbahaya, seperti Streptococcus mutans dan Aggregatibacter actinomycetemcomitans. Keduanya dapat menyebabkan gigi berlubang dan penyakit gusi. Selain itu, pala juga dapat memblokir pertumbuhan beberapa strain E. coli yang memicu penyakit.

Antioksidan

Pala terbuat dari biji yang kaya akan senyawa nabati yang bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan ini membantu melindungi sel-sel dari kerusakan dan radikal bebas. Bahkan, pala mengandung berbagai antioksidan, termasuk minyak esensial seperti fenilpropanoid dan terpena, pigmen tanaman seperti cyanidin dan senyawa fenolik.

Meningkatkan Gairah

Menurut beberapa penelitian, pala juga dapat membantu meningkatkan kinerja dan dorongan seksual. Ini sesuai dengan tes yang dilakukan pada tikus, yang menunjukkan bahwa ketika diberi ekstrak pala, aktivitas seksual tikus jantan telah meningkat secara signifikan.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Marieska Harya Virdhani