Pelatih Persebaya Kecewa, Dejan Antonic Puas

259

JawaPos.com – Persebaya Surabaya dan Madura United sama-sama menggelar laga uji coba, Sabtu (15/6). Tujuannya, pemanasan sebelum kedua tim bentrok pada leg pertama perempat final Piala Indonesia 2018-2019 Rabu mendatang (19/6). Level lawan yang dihadapi Persebaya dan Madura dalam uji coba itu masih di bawah mereka. Namun, di luar dugaan, kedua tim meraih hasil berbeda.

Green Force hanya mampu bermain imbang 1-1 kontra tim Liga 3 PSID Jombang di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Sementara itu, Laskar Sape Kerrab – julukan Madura United, menang tipis 2-1 atas tuan rumah tim Liga 2 Persatu Tuban di Stadion Bumi Wali, Tuban.

Hasil imbang membuat pelatih Persebaya Djadjang Nurdjaman kecewa berat. “Laga (lawan Madura United) kurang tiga hari. Tapi, sepertinya kami masih belum siap,” kata pelatih yang akrab disapa Djanur itu.

Memang, Persebaya tak menurunkan skuad terbaiknya. Cedera dan panggilan timnas membuat komposisi menipis. Walau begitu, tiga pemain asing, yakni Damian Lizio, Manuchekhr Dzhalilov, dan Amido Balde, bisa bertanding. Di lini belakang, Djanur sampai memasang dua pemain di bawah usia 23 tahun. Yakni, Koko Ari Araya sebagai bek kanan dan Muhammad Kemalludin di posisi bek tengah. Sayang, penampilan keduanya dinilai belum oke. Koko pula yang membuat PSID mendapat penalti setelah dia melanggar lawan di kotak terlarang.

“Mereka kurang bisa build-up (serangan) dari belakang. Tapi, tetap kami pakai karena kekurangan pemain,” kata Djanur.

Tiga pemain penting Persebaya, yakni Irfan Jaya, Osvaldo Haay, dan Amido Balde, terlihat tidak dalam kondisi puncak. Susah sekali menuntaskan serangan. Buktinya, satu gol Persebaya malah dipersembahkan M Syaifuddin, bek tengah, pada menit ke-18.

“Lagi-lagi lini depan masih bermasalah. Padahal, kami sudah drilling terus finishing-nya. Tapi, belum ditemukan touch-nya saja,” terang Djanur.

Hal itu membuat Bonek yang hadir di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, gemas. Setelah laga, mereka langsung menyanyikan chant yang menyindir performa buruk Persebaya. Beberapa di antaranya bahkan secara terang-terangan menyoraki Balde yang dinilai tampil kurang bagus.

Dejan Antonic puas setelah Madura United menang dalam uji coba (Indra Eka/JawaPos.com)

Sementara itu, meski cuma menang tipis, pelatih Madura United, Dejan Antonic menyatakan cukup puas. Sebab, dalam laga kemarin, Antonic menyelipkan pemain muda sebagai starter. Di antaranya, Syahrian Abimanyu dan Kadek Raditya.

“Mereka baru bermain bersama. Maka, wajar kami kesulitan di babak pertama. Tapi, hasil ini positif sekali untuk persiapan lawan Persebaya,” tegas pelatih kelahiran Serbia itu.

Artinya, kondisi mental pemain Madura United tengah on fire. Antonic juga bahagia karena pemain kuncinya tak ada yang cedera. “Kami akan kontinu melakukan persiapan untuk lawan Persebaya nanti. Harus bersabar, pelan-pelan, step-by-step,” pungkas Antonic.