Minum Teh Akar Manis Guna Atasi 5 Masalah Kesehatan

332

JawaPos.com – Akar manis atau nama lainnya adalah Licorice bisa diperoleh di berbagai toko obat herbal. Akar manis memang bermanfaat bagi kesehatan dan digunakan sebagai pengobatan tradisional. Disebut akar manis karena memang sering digunakan dalam kandungan permen.

Teh akar manis secara ilmiah dikenal sebagai Glycyrrhiza glabra. Teh akar manis telah menjadi pengobatan alami selama ribuan tahun, terutama di daerah Eropa, Asia, dan India. Banyak manfaat kesehatan dari teh akar manis karena adanya senyawa organik yang unik. Seperti glikosida, flavonoid, anethole, kumarin, sterol, dan sejumlah antioksidan lainnya, serta mineral dan vitamin tertentu.

Secangkir rebusan akar manis bisa membantu mengobati beberapa penyakit. Jika memiliki riwayat penyakit penyerta sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum minum rebusan akar ini.

Cara membuat teh akar licorice di rumah bis menggunakan air hangat. Siapkan 2 ruas akar licorice kering (dipotong-potong 1 inci), air, 1 sendok teh madu atau gula. Didihkan air dalam panci, tambahkan potongan akar licorice ke dalam air. Angkat dari api dan biarkan campuran meresap 5-6 menit. Tambahkan madu atau gula untuk rasa, dan minumlah.

Dilansir dari Organic Facts, Minggu (16/6), beberapa khasiat rebusan akar manis di antaranya,

Tekanan Darah Rendah

Jika menderita hipotensi, juga dikenal sebagai tekanan darah rendah. Sifat teh akar licorice dapat meningkatkan tekanan darah ke tingkat normal, memberikan dorongan energi dan mencegah pusing atau kelelahan. Namun jangan minum teh ini jika menderita tekanan darah tinggi, sebab bisa berbahaya.

Gangguan Otot

Bisa meredakan gejala gangguan kejang dan kejang jaringan otot polos dalam tubuh. Teh akar manis dapat membantu meredakan jantung berdebar, melancarkan sifat pencernaan, dan memastikan fungsi otot yang tepat di seluruh tubuh.

Kram Menstruasi

Teh akar manis secara tradisional digunakan untuk mengobati gejala kram menstruasi, dan juga meningkatkan gejala PMS lainnya. Seperti perubahan suasana hati, dan fluktuasi hormon.

Teh akan manis bia mengencerkan dahak saat batuk pilek. (Subbotina Anna/Pixabay)

Obat Flu

Infeksi saluran pernapasan atas dapat bisa diatasi dengan rebusan teh ini. Bisa cepat mengatasi dahak dan lendir, menenangkan peradangan di tenggorokan, dan memberi dorongan pada sistem kekebalan tubuh untuk menghilangkan bakteri atau patogen yang mendasarinya.

Efek Diuretik

Dengan merangsang buang air kecil, teh akar licorice dapat membantu mendetoksifikasi tubuh dan memperlancar buang air kecil. Buang air kecil menghilangkan kelebihan garam, lemak, racun, dan air dari tubuh, menghilangkan ketegangan pada ginjal dan kandung kemih.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah