Laga PSM Kontra Arema FC Resmi Ditunda

47

JawaPos.com – PSM Makassar bisa bernapas lega. Keinginan mereka agar laga kontra Arema FC ditunda akhirnya terkabul. PT Liga Indonesia Baru (LIB) memang belum memutuskan kapan pertandingan itu dimainkan. Sebab, jadwal baru keluar pada 30 Juni nanti.

Sejatinya, pertandingan tersebut dihelat pada 23 Juni nanti. Namun, Juku Eja – julukan PSM, keberatan. Alasannya, mereka harus bertandang ke Vietnam. Mereka akan menantang Becamex Binh Duong pada leg pertama semifinal AFC Cup 2018 zona ASEAN. Hal itu pula yang jadi pertimbangan PT LIB untuk mengabulkan penundaan.

“Hal ini (penundaan) sebagai support kepada klub yang membawa nama bangsa di level Asia,” ucap Direktur PT LIB Dirk Soplanit.

Penundaan itu disambut baik oleh pelatih PSM Darije Kalezic. “Tentunya hal ini akan menguntungkan kami. Karena waktu istirahat bisa lebih panjang,” ujar pelatih kelahiran Swiss berkebangsaan Bosnia-Herzegovina tersebut.

Oleh karena itu, pengganti Robert Rene Alberts tersebut tak mau menyia-nyiakan kesempatan yang diberikan. Timnya akan tampil habis-habisan saat bersua Becamex. “Yang jelas kami akan mewakili sepak bola Indonesia sebaik mungkin,” tambah pelatih 49 tahun itu.

Meski begitu, dia sadar penundaan itu akan berdampak di lain waktu. Yakni, Juku Eja akan mendapati jadwal yang mepet pada pekan selanjutnya. Meski begitu, Kalezic sama sekali tidak khawatir. Dia sudah siap menghadapi itu. “Memang (jadwal) pasti akan lebih padat. Tapi ini tetap saja bagus dan kami akan memanfaatkannya,” ucap pelatih yang baru musim ini berkarir di Indonesia tersebut.

Di sisi lain, penundaan itu membuat Arema FC akan lebih lama “menganggur”. Sebab, setelah laga pekan ke-4, mereka juga harus istirahat ketika pekan ke-5 sudah siap digelar. Sebab, pertandingan melawan PSM ditunda. Itu artinya, Singo Edan baru bertanding lagi pada 29 Juni mendatang. Mereka akan menjamu PS Tira Persikabo di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

“Tentu ada imbasnya. Ketika pikiran sudah kembali ke pertandingan, ternyata ditunda,” kata General Manager Arema FC Ruddy Widodo.

Meski begitu, manajemen Singo Edan tetap menerima keputusan tersebut. Dia bahkan mendoakan PSM benar-benar bisa memanfaatkan penundaan jadwal itu. “Semoga PSM bisa mendapat hasil yang bagus. Kami menerima saja dan akan menyesuaikan program ke depan,” pungkas Ruddy.