Ketel Uap Pismatex Meledak, Dua Karyawan Meninggal

1308

RADARSEMARANG.ID, KAJEN – Satu unit mesin boiler atau mesin ketel uap PT. Pismatex meledak Sabtu (15/6/2019) sekitar pukul 13.30 WIB.

Akibatnya, M. Khusnul Muharom, 21, warga Kelurahan Pringlangu, Pekalongan Barat, Kota Pekalongan meninggal di lokasi kejadian. Sementara itu, dua orang kondisinya kritis M. Agus Haryadi , 40, warga Kelurahan Pekajangan, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan, dan M. Musthofa Yusuf, 39, warga Kelurahan Poncol, Kecamatan Pekalongan Timur Pekalongan Kota. Para korban langsung dilarikan ke RSI Pekajangan Pekalongan.

Menurut salah satu saksi Mahmudin,54, warga Desa Sapugarut, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan mengungkapkan, kejadian bermula adanya suara ledakan sangat keras, disertai dengan suara gemuruh, yang berasal dalam pabrik di bagian belakang.

Karena penasaran, dirinya keluar rumah dan melihat asap berwarna hitam pekat mengepul dari dalam pabrik, dan puluhan karyawan berlari keluar pabrik karena ketakutan dikira kebakaran.

Sementara itu, Yulianto, 43, karyawan PT.Pismatex mengatakan bahwa penyebab meledaknya mesen ketel atau bolier. Dijelaskan dia, kejadian bermula saat salah satu karyawan yang bekerja di unit boiler membuka kran boiler utama.

Setelah kran steam header diputar dua kali, tiba-tiba pipa mendapat tekanan dari atas, yang mengakibatkan salah satu pipa patah, dan terjadi ledakan pada pipa.

Sementara berdasarkan informasi dari petugas jaga ruang ICU RSI Pekajangan, Henry,32, menjelaskan satu korban kritis yakni Agus Haryadi akhirnya meninggal dunia pada hari Sabtu (15/06/2019) sekitar pukul 20.00 WIB, setelah sebelumnya sempat menjalani perawatan medis di RSI Pekajangan. Semua korban adalah karyawan PT.Pismatex yang bekerja dibagian boiler. (thd/sas)