Eks Striker Slavia Praha Terkejut dengan Kolektivitas Timnas Indonesia

168

JawaPos.com – Pelatih Timnas Vanuatu, Paul Munster, mengaku terkejut dengan permainan kolektif Timnas Indonesia usai pasukannya dibantai enam gol tak bebalas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Sabtu (15/6) malam WIB. Sosok yang saat masih aktif sebagai pemain pernah memperkuat Slavia Praha pada 2004-2005 itu menyebut Indonesia punya kualitas mumpuni.

Vanuatu mendapatkan pelajaran berharga dari Indonesia. Sebab, ini merupakan debut pertama mereka melakoni pertandingan di Indonesia, dan bahkan Asia. Kekalahan tersebut tak membuat Vanuatu berkecil hati.

Munster menyebut Vanuatu akan bangkit pada laga selanjutnya. Apalagi, Juli nanti mereka akan mentas pada ajang Pacific Games 2019. Indonesia, disebutnya sebagai salah satu tim terbaik kawasan Asia.

“Tentu ada perbedaan, karena ketika melwan Tahiti dan Fiji kami bisa menguasai bola lebih banyak. Indonesia adalah salah satu tim di Asia, terlebih lagi kualitas pemain Indonesia lebih baik, fisiknya juga,” ungkap Munster kepada wartawan.

Sejatinya, dalam ranking FIFA, peringkat Vanuatu tak terlalu jauh. Mereka duduk di posisi 163, sedangkan Indonesia 160. Hanya saja, mereka selalu bermain melawan tim dari Oseania.

“Level permainan secara ranking negara, Indonesia lebih baik dari Vanuatu. Indonesia berpopulasi 250 juta orang, dibandingkan Vanuatu yang hanya berpopulasi 280.000 orang. Hanya 19 pemain yang saya bawa ke sini. Dari situ terlihat bedanya antara proses scouting yang saya lalui dibandingkan di Indonesia,” tutup Munster.

Editor : Edy Pramana

Reporter : Indra Eka Setiawan