Aliansi Masyarakat Salatiga Galang Petisi Tolak Paham Radikal

497

RADARSEMARANG.ID – SALATIGA – Puluhan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Salatiga Cinta Damai melakukan aksi menolak ormas dan paham radikal. Aliansi yang terdiri dari sejumlah ormas itu melakukan pengumpulan tanda tangan dan juga melakukan orasi di bundaran Tamansari, Jumat (14/6/2019) pagi.

Aksi dilakukan untuk mengajak semua masyarakat menangkal semua paham dan organisasi radikan yang bisa mengganggu keutuhan NKRI. Dijelaskan koordinator lapangan aksi yakni Lodewyk ‘Ody’ Patiwael, kegiatan ini dilakukan dengan membuat petisi yang ditujukan kepada Kemendagri. Petisi isinya agar lembaga negara tersebut tidak memberikan perpanjangan izin ormas berpaham radikal yang bisa menimbulkan keresahan di masyarakat.

“Aksi semacam ini perlu dilakukan sebagai sinyal kepada kelompok berpaham radikal bahwa aparatur negara bersama masyarakat siap untuk menentang setiap pergerakan kelompok yang menyusup ke masyarakat,” jelas Ody saat bertemu wartawan di sela aksi kemarin.

Sementara dalam orasinya, humas aksi ini Ariyadi menandaskan aksi ini menyuarakan empat hal pokok.Mulai dari menolak aksi kerusuhan dan kelompok atau paham radikal di kota Salatiga. “Kami mengajak masyarakat Salatiga untuk menjaga dan memelihara kondusifitas dan toleransi di kota Salatiga,” ajaknya.

Pengunjuk rasa juga menyatakan dukungan kepada TNI dan Polri untuk menindak tegas pelaku kerusuhan sesuai dengan praturan perundangan yang berlaku. Mereka juga mendesak pemerintah untuk tidak memperpanjang izin ormas yang ditengarai berpaham radikal.

Aksi yang dilakukan di bundaran Tamansari ini mendapat kawalan ketat dari aparat kepolisian. Usai melakukan orasi, aksi ditutup dengan doa bersama dan peserta aksi membubarkan diri.(sas)