SMP 1 Salatiga Gembleng Siswanya Agar Mandiri

1155

SALATIGA – Ratusan siswa SMP Negeri 1 Salatiga mengikuti pendidikan penguatan karakter. Kegiatan ini dilakukan di beberapa tempat berbeda dengan tujuan untuk meningkatkan keimanan serta mempercepat pembentukan karakter siswa. Kegiatan dilaksanakan bagi siswa kelas 7 dan 8 dan dilaksanakan dari 27 – 29 Mei 2019.

Kepala sekolah SMP 1 Hariyati MPd menuturkan, kegiatan dipisah berdasarkan agama yang dianut oleh para siswa. Kegiatan untuk agama kristen para siswa mengadakan live-in di Sumowono, pemeluk Katolik mengikuti kegiatan rekoleksi dan pembentukan karakter. Sementara untuk pemeluk agama Islam mengikuti pesantren kilat yang diadakan di pondok Astain dan Masithoh, Tingkir Salatiga.

“Kegiatan ini untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa sesuai dengan agama masing – masing,” terang Hariyati kepada wartawan, kemarin. Kegiatan ini juga mendidik anak agar cepat mandiri. Selain itu yang utama adalah mendidik anak -anak bangsa memiliki kekuatan spiritual, cerdas, mandiri, berahlaq mulia, terampil dan tangguh.

Dijelaskan dia, jumlah siswa kelas VII berjumlah 198 siswa (107 perempuan dan 91 laki – laki). Sementara siswa kelas VIII berjumlah 203 siswa (124 perempuan dan 79 laki – laki). Kegiatan ini didampingi langsung oleh para guru pembimbing.(sas)