Satpol PP Launching Personal Guide Peduli Pariwisata

344
PEMANDU WISATA: Sejumlah personel Satpol PP peduli pariwisata siap melayani dan menjamin rasa aman pengunjung usai dilaunching di Masjid Agung Demak, Minggu (26/5).(wahibpribadi/RadarSemarang.ID)

RADARSEMARANG. ID, DEMAK – Satpol PP Kabupaten Demak melaunching personal guide wisata atau pemandu wisata. Setidaknya, ada 11 personel laki laki dan perempuan berseragam biru. Ini dilakukan antara lain untuk memberikan layanan jaminan rasa aman bagi peziarah atau wisatawan, utamanya di berbagai even dan di lokasi lokasi wisata religi di Kota Wali. Sejumlah lokasi yang jadi sasaran adalah wisata religi Masjid Agung Demak dan Kadilangu.

Kabid Trantibum, Sigit Raharjo mengatakan, personel yang dibentuk sebelumnya telah dibekali bimbingan teknis (bimtek) Tour Guide Sapta Pesona berupa pengetahuan dan keterampilan. Ini supaya menjadi pribadi yang percaya diri, cakap, kompeten, humanis, memiliki kemampuan komunikasi yang baik, tahu serta mengenali sektor pariwisata Kabupaten Demak.

“Lebih dari itu, mampu memberikan layanan yang baik disamping memiliki kemampuan pengamanan dan patroli sekaligus bertindak sebagai guide atau pemandu bagi pengunjung,” kata Sigit di kantornya Minggu (26/5) .

Menurutnya, Satpol PP kini memiliki unit pariwisata yang bertagline “With smile we care. Dengan senyum kami peduli”. Tagline tersebut memiliki makna, bahwa di dalam pelaksanaan tugasnya senantiasa mengutamakan hospitality. Berupa keramahtamahan, kesopanan, menghargai, rasa saling menghormati terkait dengan tamu atau wisatawan. “Satpol PP harus mampu menjadikan suasana yang hangat, aman, dan nyaman bagi tamu yang berkunjung. Ini selaras dengan tujuan menjadikan Satpol PP yang tegas dan humanis,” ujarnya.

Sigit menambahkan, Satpol PP memiliki tugas pokok membantu bupati dalam penegakan perda/perkada, memelihara ketentraman, ketertiban umum serta pelindungan bagi masyarakat. “Karena itu, Satpol PP Unit Pariwisata ini dibentuk sebagai wujud nyata dukungan terhadap pengembangan pariwisata. Yakni, Satpol PP peduli pariwisata,” kata dia.

Kepala Satpol PP, Ridhodin menyambut baik inovasi yang dikembangkan Kabid Trantibum Sigit Raharjo tersebut. “Dengan adanya Satpol peduli pariwisata ini, kita harapkan kenyamanan wisatawan dapat lebih terjamin,” katanya. (hib)

Editor: Agus AP