Tuntaskan Rasa Lapar dengan Nasi Goreng Kambing saat Buka Puasa

352

JawaPos.com – Apapun resepnya, daging kambing selalu bisa menggugah selera siapapun. Untuk menu buka puasa, daging kambing tentu bisa mengembalikan energi yang hilang. Jika bosan dengan kuah, cobalah berkreasi dengan nasi goreng.

Dalam keterangan tertulis Bango, baru-baru ini, nasi goreng kambing adalah sajian khas Jakarta yang memiliki rasa mirip khas timur tengah. Ciri khasnya seperti bumbu kapulaga, kayu manis, cengkeh, jintan dan kecap manis.

Ada cara mudah, lezat dan praktis membuat menu Nasi Goreng Kambing. Cukup 15 menit hingga 30 menit memasaknya, menu itu siap disantap sebagai hidangan berbuka.

Bahan-bahan:
Bango Bumbu Kuliner Nusantara Nasi Goreng Kambing 1 bungkus
Nasi putih
Daging kambing 250 gram
Bawang merah 4 siung
Bawang putih 4 siung
Minyak
Telur ayam 2 butir
Daun bawang

Cara Membuat :
Panaskan wajan lalu tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum. Kemudian masukkan daging kambing. Masukkan telur, masak orak arik.

Tambahkan nasi dan bumbu Bango kemudian aduk. Tambahkan daun bawang. Angkat dan sajikan selagi hangat dengan acar.

Kandungan Nutrisi Daging Kambing

ilustrasi daging kambing yang kaya kandungan gizi. (dok AB Meat)

Dilansir dari Live Strong, Sabtu (22/5), daging kambing adalah alternatif yang sehat pengganti daging sapi dan ayam karena total kalori, lemak dan kolesterolnya lebih rendah. Daging kambing terdiri dari 63 persen dari daging merah yang dikonsumsi di seluruh dunia.

Bagian 3 ons daging kambing memiliki 122 kalori, yang jauh lebih sedikit dari daging sapi 179 dan ayam 162. Dalam hal lemak, kambing jauh lebih sedikit daripada yang lain. Satu porsi daging kambing mewakili hanya 4 persen dari nilai total lemak harian, berdasarkan diet 2.000 kalori.

Kolesterol daging kambing yakni 63,8 miligram per porsi 3 ons jauh lebih sedikit daripada daging sapi dan 73,1 miligram daging babi dan 76 miligram ayam per porsi. Daging kambing juga mengandung protein dan delapan asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh. Protein kambing 23 gram per porsi sebanding dengan 25 gram dalam satu porsi daging sapi dan ayam. Faktanya, satu porsi kambing 3 ons memenuhi 46 persen nilai protein harian.

Editor : Bintang Pradewo

Reporter : Marieska Harya Virdhani