Hantam Thailand 3-0, Tiongkok Di Ambang Gelar Juara ke-11

364

JawaPos.com – Tiongkok cuma perlu satu langkah lagi untuk meraih gelar juara Piala Sudirman mereka yang ke-11. Mereka melaju ke babak final setelah menghajar Thailand 3-0 di babak semifinal Piala Sudirman 2019, Sabtu (25/5).

Susunan pertandingan antara kedua negara tersebut boleh dibilang tidak menguntungkan Thailand. Punya potensi besar meraih poin dari Ratchanok Intanon yang dijadwalkan bertemu Chen Yufei, laga tunggal putri justru dimainkan pada pertandingan keempat.

Alhasil, Thailand tidak punya kesempatan melawan balik. Tiga sektor yang dipertandingkan lebih dulu, yakni ganda campuran, tunggal putra, dan ganda putra, semuanya lebih cenderung menguntungkan tuan rumah karena Tiongkok lebih unggul di tiga sektor tersebut.

Tiongkok membuka kemenangan lewat ganda campuran Zheng Siwei/Huang Yaqiong. Mereka menumpas Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai 21-18 dan 21-7.

Shi Yuqi menggandakan keunggulan Tiongkok di laga kedua. Sempat bertarung sengit dengan Kantaphon Wangcharoen di gim kedua, Yuqi akhirnya menang dengan skor 21-15 dan 26-24.

Para pemain dan ofisial Tiongkok bersorak kegirangan setelah pasangan ganda putra Li Junhui/Liu Yuchen memastikan kemenangan tanpa balas mereka atas tim Negeri Gajah Putih. Mereka memecundangi Tinn Isriyanet/Kittinupong Kedren 21-14 dan 21-17. Dengan demikian, laga keempat antara Ratchanok melawan Yufei tentu tidak perlu lagi dimainkan.

Ini adalah yang ke-13 kalinya secara beruntun Tiongkok sukses menembus babak final Piala Sudirman setelah pertama kali menjadi juara pada 1995. Dari 12 laga final terdahulu, mereka cuma kalah dua kali dari Korea Selatan di tahun 2003 dan 2017.

Pasukan besutan Zhang Jun tersebut nantinya akan bersua pemenang antara Indonesia dan Jepang yang akan bertarung pada petang hari nanti.

Sementara buat Thailand, hasil ini adalah yang ketiga kalinya mereka harus puas menjadi semifinalis dan membawa pulang medali perunggu. Thailand pernah menembus semifinal di Piala Sudirman 2013 dan 2017.