Keselamatan Jiwa Lebih Penting, Mkhitaryan Absen di Final Liga Europa

39

JawaPos.com – Arsenal tak akan diperkuat salah satu pilarnya, Henrikh Mkhitaryan, pada final Liga Europa yang digelar Rabu (29/5) mendatang waktu setempat. Final sendiri dihelat di Olympic Stadium, Baku, Azerbaijan.

Absennya Mkhitaryan bukan karena cedera atau skorsing. Selain itu, bukan pula sengaja tak akan dimainkan oleh pelatih Unai Emery. Gelandang asal Armenia itu ternyata memilih untuk absen dengan alasan keselamatan jiwa lebih penting. Ya, Mkhitaryan tak sekadar absen tampil, dia juga memilih tak berangkat ke Azerbaijan.

Seperti diketahui, Azerbaijan dan negaranya, Armenia, tengah terlibat konflik perebutan wilayah kekuasaan. Di fase grup, Mkhitaryan juga memutuskan untuk tak pergi ke Azerbaijan saat Arsenal tandang ke markas Qarabag, klub asal Azerbaijan.

Berdasar itu, Mkhitaryan memutuskan untuk tak terbang ke Azerbaijan di final Liga Europa. Meski momen penting dalam karirnya, eks penggawa Manchester United itu mementingkan keselamatan jiwanya. Sebenarnya pihak UEFA telah berjanji menjamin keamanan Mkhitaryan termasuk memudahkan proses pembuatan visa. Hanya saja, Arsenal sependapat dengan Mkhitaryan. Mereka tetap akan tak membawa Mkhitaryan ke Azerbaijan demi keselamatannya.

Hal tersebut dilakukan The Gunners usai berdiskusi dengan pihak keluarga Mkhitaryan. Tentu saja Arsenal tak mau mengambil risiko yang mengancam keselamatan jiwa pemainnya.

“Kami sudah melihat pelbagai opsi agar Mkhitaryan tetap ke Azerbaijan. Tapi, setelah berdiskusi dengan Mkhitaryan dan keluarganya, kami bersepakat tak akan membawanya ke Azerbaijan. Kami sudah menulis surat kepada UEFA terkait alasannya. Mkhitaryan adalah pemain kunci kami dan kami menyadari kehilangan besar bagi tim. Namun, kami memutuskan hal yang lebih penting,” tulis pernyataan resmi Arsenal seperti dilansir laman resmi klub.

Sementara itu, Emery mengakui bahwa absennya Mkhitaryan memang sebuah kerugian. Namun, Arsenal harus memilih yang terbaik dan tak memaksakan sesuatu yang justru berakibat buruk.

“Saya telah berdiskusi dengan Mkhitaryan. Dia sebenarnya ingin bermain bersama tim, tapi dia berbicara dengan keluarganya dan memutuskan untuk tetap tinggal di London,” ungkap Emery.

“Bagi kami secara tim jelas hal yang tak menyenangkan. Tapi, ini merupakan masalah yang sangat personal dan kami harus menghormatinya. Saya tak paham soal politik, tapi kami semua harus memberi respek kepada pilihan politik seseorang,” imbuh pelatih asal Spanyol tersebut.

Di sisi lain, Mkhitaryan memang mengaku berat harus absen pada laga penuh gengsi sekelas final Liga Europa. Tapi, dia harus memutuskannya demi keselamatan bersama. Tak hanya tim, juga keluarga.

“Semuanya memang sulit. Namun, keputusan harus dibuat. Pada akhirnya klub melarang saya untuk ikut serta bersama tim di final Liga Europa. Saya sendiri memang memutuskan untuk tak ikut karena situasinya sangat sulit. Saya harus absen pada sebuah laga penting dan jujur saya begitu kecewa,” beber Mkhitaryan.

Mkhitaryan digaet Arsenal pada Januari 2018 dari Manchester United. Transfer ini bagian dai kepindahan Alexis Sanchez ke Man United. Pada musim ini, Mkhitaryan tampil dalam 39 laga di semua ajang. Dia mencetak enam gol dan membuat tujuh assists. Di ajang Liga Europa 2018-2019, Mkhitaryan tampil dalam 11 laga dan membuat tiga assists.