Se Young An Beri Kejutan, Korea Selatan Tumbangkan Taiwan

68

JawaPos.com – Korea Selatan menunjukkan dominasi mereka di grup C Piala Sudirman 2019. Mereka melenggang ke perempat final setelah mentahabiskan diri menjadi juara grup usai membungkam Taiwan 3-2.

Dari seluruh laga, penampilan pemain putri muda Se Young An layak menjadi sorotan. Betapa tidak, atlet berusia 17 tahun itu sukses membuat kejutan besar: ia menyumbang poin buat negaranya dengan menundukkan ratu bulu tangkis dunia, Tai Tzu Ying.

Sukses menarik perhatian dunia setelah menjuarai Selandia Baru Terbuka 2019, An kembali menunjukkan potensinya sebagai atlet bulu tangkis tangguh masa depan. Kalah lebih dulu di gim pertama dengan skor 14-21, An mendadak ‘kesurupan’ di dua gim berikut. Ia mampu mengantisipasi semua pukulan-pukulan Tzu Ying.

Tak tanggung-tanggung, ia memaksa Tzu Ying memainkan gim ketiga setelah menang 21-18, sebelum akhirnya mengakhiri laga tunggal putri dengan kemenangan 21-16.

Mengomentari kekalahannya, Tzu Ying yang terkenal hampir tidak pernah menunjukkan kekecewaannya melemparkan pujian kepada An. Menurut Tzu Ying, An adalah calon penepok bulu angsa yang berbahaya.

“Dia tinggi, cepat, kuat, dan punya footwork yang bagus. Dia bisa jadi pemain yang sangat tangguh dalam beberapa tahun ke depan. Hari ini saya juga tidak bermain bagus. Saya terlalu banyak bikin kesalahan sendiri, dan saya tidak bisa bergerak secepat yang saya mau,” kata Tzu Ying.

Selain dari An, poin Korea Selatan yang lain disabet oleh pasangan ganda putri Chang Ye Na/Kong Hee Yong. Mereka menumpas Chang Ching Hui/Yang Ching Tun 21-13 dan 21-15. Poin kemenangan Korea Selatan diambil oleh pasangan ganda campuran Seo Seung Jae/Chae Yujung atas Tseng Min Hao/Hsieh Pei Shan 21-10 dan 21-18.

Taiwan hanya sanggup mengambil dua laga lewat ganda putra Lee Yang/Wang Chi Lin dan tunggal putra andalan Chou Tien Chen.

Hasil ini membuat Korea Selatan resmi menjadi juara grup C, sementara Taiwan mengekor sebagai runner up. Satu negara lagi, yakni Hongkong, harus tersingkir karena mereka kalah 1-4 dari Korea Selatan dan 2-3 dari Taiwan.