Kalahkan Indonesia, Denmark Melenggang ke Perempat Final

55

JawaPos.com – Timnas bulu tangkis Denmark boleh berlega hati. Mereka sukses melenggang ke babak perempat final Piala Sudirman 2019 setelah mengandaskan Indonesia di laga terakhir grup B, Rabu (22/5).

Denmark sebelumnya terancam tidak lolos ke babak delapan besar setelah secara mengejutkan tumbang di tangan Inggris 2-3. Untuk bisa lolos, mereka wajib menang setidaknya 3-2 dari Indonesia agar bisa lolos ke perempat final sebagai runner up.

Datang dengan formasi yang pincang, Denmark awalnya diprediksi bakal kalah. Namun, Dewi Fortuna rupanya berpihak kepada mereka. Pasukan Kenneth Jonassen berhak maju ke babak delapan besar dengan status runner up grup, sementara Indonesia tetap menjadi juara grup.

Hasil yang diraih Denmark ini juga sekaligus membuyarkan harapan Inggris untuk mengekor Indonesia melaju ke perempat final. Pasalnya, mereka sudah lebih dulu dicukur Indonesia dengan skor 1-4. Mereka hanya bisa lolos ke perempat final jika Denmark kalah di tangan Indonesia.

Tanda-tanda kemenangan Denmark sudah nampak sejak laga pertama, di mana pasangan ganda campuran Mathias Christiansen/Sara Thygesen berhasil mengalahkan Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja. Hafiz/Gloria yang diturunkan perdana di Piala Sudirman 2019 kalah dua gim langsung 17-21 dan 11-21.

Denmark memperpanjang keunggulan menjadi 2-0 setelah pemain andalan Viktor Axelsen membungkam Anthony Sinisuka Ginting. Ginting dibikin tidak berdaya dan tumbang dalam dua gim 9-21 dan 16-21.

Indonesia meraih poin pertama lewat ganda putra Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. The Daddies menyumbang satu angka setelah mengakhiri perlawanan Kim Astrum/Mathias Boe 22-20 dan 21-14.

Denmark memastikan kemenangan mereka lewat pemain tunggal putri Mia Blichfeldt. Mia berhasil membuat timnya bernapas lega setelah menjungkalkan Fitriani. Fitri kalah 13-21 dan 19-21.

Indonesia mendapatkan poin hiburan dari ganda putri Greysia Polii/Apriyani Rahayu di laga terakhir. Greys/Apri menyumbang poin kedua buat tim usai menghempaskan Maiken Fruergaard/Sara Thygesen 21-18 dan 21-13.