Siapkan Puluhan Ambulans dan Tenaga Medis

69
SIAGA : Dinkes Pemkab Demak menyiapkan 31 unit ambulans lengkap dengan tenaga medis. (Wahib Pribadi/Radarsemarang.Id)

RADARSEMARANG.ID,DEMAK- Menjelang Lebaran, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Demak melakukan berbagai persiapan. Di antaranya pendirian posko Lebaran 2019 untuk pelayanan kepada masayarakat, utamanya saat mudik berlangsung. Kesiapan tersebut telah diawali dengan apel mobil ambulans yang dipimpin langsung Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan, Dian Arisanti. Kegiatan digelar di halaman dinkes selama tiga hari berturut turut.

Kepala Dinkes Pemkab Demak Guvrin Heru Putranto melalui Humas Wajito mengatakan, apel diperlukan antara lain untuk mengecek kendaraan ambulans, yaitu memastikan kesiapan fisik serta kelengkapan peralatan medis yang ada didalam ambulans. Dengan demikian, sewaktu waktu dibutuhkan rujukan ke fasilitas kesehatan dapat dilakukan dengan cepat serta kondisi ambulans yang baik.

“Jadi, ada 31 unit mobil ambulans yang kita cek satu per satu. Yang diperiksa berupa kelengkapa tabung oksigen, kotak P3K, alat kesehatan lainnya serta kelengkapan kendaraan seperti sirine dan lain sebagainya,”ujarnya.

Kasi Pelayanan Kesehatan, Dian Arisanti menambahkan, dari 31 unit ambulans, pihaknya juga mengikutsertakan tenaga medis yang nanti akan bertugas di posko kesehatan. Yaitu, tenaga medis dari 27 unit kesehatan dari puskesmas, 3 unit rumah sakit, dan 1 unit PMI. “Dari hasil pengecekan ambulans, semua telah dinilai siap melayani pemudik yang membutuhkan bantuan,”kata Dian.

Kabid Pelayanan Kesehatan dan SDK Dinkes, dr Ribekan MKes menambahkan, posko kesehatan lebaran mulai dibuka H-7 hingga H+7. Menurutnya, ada 4 titik posko kesehatan lebaran selama arus mudik dan arus balik lebaran. Di antaranya, posko Alun-Alun Kota Demak, posko Wonoketingal Karanganyar, posko Onggorawe Karangtengah dan posko Mranggen.

“Karena posko ini hanya melayani kesehatan dasar selama libur lebaran, maka puskesmas rawat inap dan rawat jalan serta rumah sakit wajib buka 24 jam,”katanya.(hib/lis)