Tuntut Ilmu di Tiongkok, Vladimir Malkov Bersinar di Nanning

51

JawaPos.com – Pebulu tangkis Rusia Vladimir Malkov membuat kejutan di Piala Sudirman 2019. Secara mengejutkan, ia mampu menyumbang poin buat Rusia setelah menumbangkan wakil Jepang Kenta Nishimoto, Senin (20/5). Meski akhirnya Rusia kalah 2-3, Malkov sukses mencuri perhatian.

Malkov sebetulnya bukan nama baru di dunia bulu tangkis. Sudah berusia 33 tahun, namanya sudah kerap malang melintang di beberapa turnamen internasional. Namun, keberadaannya memang tidak disadari banyak orang karena secara ranking, ia bukanlah pemain papan atas. Saat ini, ia bertengger di ranking 52.

Namun, Malkov membuktikan bahwa ranking tidak mesti berbanding lurus dengan performa. Ia sukses menyumbang poin pertama buat Rusia setelah mengalahkan Nishimoto, yang notabene merupakan pemain ranking 10, dua gim langsung 21-18 dan 21-17.

Usut punya usut, Malkov belakangan ini rupanya sibuk menempa diri di salah satu klub di kawasan Zhengzhou, Tiongkok. Berlatih langsung di negara bulu tangkis adidaya rupanya membuat kemampuannya meningkat cukup signifikan.

“Saya betul-betul mendapatkan program latihan yang berkualitas. Di klub, saya diajarkan untuk memukul dan bergerak dengan baik dan benar. Bukan hanya sekadar harus bisa cepat bergerak ke sana ke mari. Pelatih saya di klub juga mengajarkan saya untuk bisa bermain sambil berpikir. Ini sangat penting,” ujar Malkov seperti dilansir situs resmi BWF.

Menengok ke belakang, Malkov merasa ia sudah bisa bermain dengan jauh lebih baik setelah menuntut ilmu di Tiongkok. “Saya tidak pernah puas dengan permainan saya. Setelah sebulan belakangan berlatih di Tiongkok, semuanya jadi lebih baik. Semoga permainan saya bisa terus meningkat,” ujarnya.

Tak sampai di situ saja, Malkov mengaku ia kini juga semakin percaya diri untuk bisa bersaing lolos kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020. Ia sudah memantapkan diri untuk berlatih secara permanen di Negeri Tirai Bambu.

“Saya akan terus berlatih di Tiongkok sambil mempersiapkan diri menuju Olimpiade. Saya sudah belajar bahasa Tiongkok dan sudah bisa pesan makanan juga,” kelakarnya.