Hoax A.M. Hendropriyono Meninggal Dunia

28

JawaPos.com – Akhir-akhir ini mantan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) A.M. Hendropriyono kerap dihantam kabar hoax. Tak hanya disebut kolaps sehingga harus dilarikan ke rumah sakit di Singapura. Mantan ketua umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) itu bahkan disebut telah meninggal dunia. Padahal, yang bersangkutan baik-baik saja dan masih beraktivitas seperti biasanya.

Kabar bahwa Hendropriyono telah meninggal dunia disebarkan pemilik akun Facebook Wanaceh Aceh (fb.com/wanaceh.aceh.1). Kabar itu juga dilengkapi foto Presiden Jokowi dan sejumlah figur publik yang seolah mengelilingi keranda. Di antaranya, Mahfud MD, Megawati Soekarnoputri, Said Aqil Siroj, dan Syafi’i Ma’arif.

“INNALILAHIWAINALRAJIUN.TELAH MATI SEORANG PEMBANTAI RAKYAT HENDROPRAYONO D SINGAPORE. JGN D UCAPI MENINGGAL. KARNA DIA PEMBANTAI MANUSIA,” tulis akun itu pada Sabtu (18/5).

Ada banyak kejanggalan dalam kabar itu. Sebab, Sabtu lalu Hendropriyono melihat pelatihan anjing pengamanan di sekitar kediamannya. Hendro juga mengeluarkan pernyataan bahwa anjing-anjing tersebut bisa dikerahkan untuk pengamanan acara penetapan dan pengesahan hasil Pemilu 2019 pada 22 Mei mendatang.

Kejanggalan kedua adalah foto keranda yang di-posting akun Wanaceh Aceh. Lokasi keranda tersebut sangat familier, yakni Istana Merdeka. Tentu sangat aneh ada keranda di tempat yang biasa digunakan presiden untuk menerima tamu dan kegiatan-kegiatan kenegaraan lainnya. Ukuran keranda tersebut juga agak aneh, terlalu kecil. Bahkan, lebih kecil daripada para figur publik yang ada dalam foto tersebut.

Berdasar penelusuran Jawa Pos, foto itu pernah di-posting akun Twitter Mahfud MD (@mohmahfudmd) pada 11 Mei 2019. Tapi tanpa keranda. Saat itu Mahfud menyatakan bahwa pihaknya bersama Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) sedang berdiskusi dengan presiden soal penerapan nilai-nilai Pancasila dalam masyarakat.
“2 hr yg lalu BPIP berdiskusi Pancasila dgn Presiden. Msh bnyk kekurangan2 dlm praktik. “Terutama sila ke-5”, kata Buya Syafii. “Juga pendidikan agama”, kata K. Aqil Siraj. Mari laksanakan ideologi Pancasila dgn semangat ketuhanan dan keagamaan utk memanusiakan manusia Indonesia,” tulis Mahfud. Anda bisa melihat posting-an tersebut di bit.ly/DiskusiPancasila.

FAKTA

Kabar bahwa A.M. Hendropriyono meninggal adalah hoax. Foto keranda di Istana Merdeka yang menyertai kabar itu adalah hasil olah digital.