Mudik Lebaran lewat Demak? Perlintasan KA Ganepo Mranggen Paling Rawan Macet

132
TITIK MACET: Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar saat memantau titik rawan macet di perlintasan kereta api Ganepo Mranggen. (wahibpribadi/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, DEMAK-Pemantauan jalan rawan macet di wilayah Demak mulai dilakukan Kapolres Demak AKBP Arief Bahtiar. Ini untuk mengetahui titik-titik mana saja dan kondisinya seperti apa sehingga dapat menjadi perhatian serius menjelang lebaran.

Kapolres mengatakan, pihaknya melakukan survey jalan yang menjadi arus utama mudik lebaran. Jalur paling rawan macet adalah di sekitar rel keretapi api (KA) Ganepo, Mranggen. Untuk mengurai prediksi kemacetan itu, polres melakukan berbagai analisa yang akan dibahas dalam Operasi Ketupat Candi 2019.

“Nanti kita siapkan pospam di wilayah Ganepo Mranggen ini,” katanya disela memantau jalur mudik di Mranggen kemarin.

Menurutnya, pihaknya telah berkoodinasi dengan pihak PT KAI terkait pengamanan dan pendirian pos pam dijalur rawan macet tersebut. Kapolres menambahkan, di Ganepo itu tiap 12 menit ada KA lewat atau melintas. Keadaan ini akan menyebabkan arus lalu lintas macet lantaran palang pintu perlintasan KA ditutup.

“Nah, bagaimana nanti agar kendaraan tidak menumpuk maka kita lakukan rekayasa lalulintas,” katanya.

Untuk mengurangi dampak kemacetan juga akan ditempatkan pembatas median ditengah jalan (cone barrier). Dengan demikian, pengendara tidak akan melintas jalur saat kondisi macet. “Kita juga buat barikade pembatas jalan di depan pasar Mranggen,” ujarnya. (hib/ap)