Air Rob Kembali Landa Wilayah Pesisir Demak, Genangi Rumah, Tambak dan Jalan

132
DILANDA ROB: Hamparan tambak di wilayah pesisir Demak terendam air rob. (WAHIB PRIBADI/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, DEMAK-Bencana air rob kembali melanda kawasan pesisir pantai utara Demak. Rob merendam pemukiman warga dengan kedalaman antara 20 hingga 80 cm.

Berdasarkan data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Demak disebutkan, bahwa di Kecamatan Sayung, desa terdampak rob adalah Desa Sriwulan, Bedono, Purwosari, Gemulak, Sidogemah, Surodadi, Tugu, Sidorejo, Timbulsloko dan Banjarsari. Rob juga menenggelamkan lahan pertanian di Desa Loireng, Tambakroto dan Sayung.

Adapun, di Kecamatan Bonang, rob merendam Desa Morodemak, Margolinduk dan Purworejo. Kedalaman rob antara 20 hingga 70 cm. Sedangkan, di Kecamatan Wedung, rob dengan ketinggian 15 hingga 20 cm ini merendam Dukuh Siklenting dan Dukuh Nggojoyo, Desa Wedung. Di Desa Kedungmutih, rom masuk rumah warga di RW 2 setinggi 30 cm.

Bahkan, beberapa tanggul tambak jebol dan banyak ikan maupun udang yang lepas. Hal serupa terjadi diareal tambak Desa Kedungkarang. Beberapa petani garam gigit jari lantaran lahan yang disiapkan tergenang lagi.

Kepala pelaksana BPBD Demak, Agus Nugroho LP mengungkapkan, air pasang mengakibatkan aktivitas warga terganggu. Sebab, air masuk ke rumah warga.

“Laporan laporan yang ada kita tindak lanjuti dan koordinasikan dengan pihak terkait, termasuk dilingkup RT RW serta pemerintah desa dan kecamatan,” katanya.

Seperti diketahui, daerah yang kena rob di Demak terus meluas. Rob masuk dan juga merendam jalur Pantura Sayung yang posisinya lebih rendah. Kondisi ini juga mengganggu arus lalulintas. (hib/ap)