PT LIB: Ada Nyanyian Rasialis, Laga Kami Hentikan!

2907

JawaPos.com – PT Liga Indonesia Baru (LIB) memerintahkan kepada seluruh pengawas pertandingan Liga 1 2019 untuk menghentikan laga bila ada nyanyian rasialis dari suporter kala laga berjalan. Hal ini sebagai upaya mencegah terjadinya pemusuhan antar pendukung yang kerap berujung bentrok dan menimbulkan korban jiwa.

Masalah suporter memang menjadi pekerjaan rumah operator laga setiap musimnya. Sebab, ada saja korban yang berjatuhan akibat dari pertengkaran pendukung yang sudah sampai pada taraf mengkhawatirkan dan meresahkan.

“Saya kira itu pasti (menghentikan laga jika ada aksi rasialis, Red). Aturan sudah dikeluarkan. Saya kira itu dalam regulasi sudah ada,” ungkap Direktur LIB, Dirk Soplanit, Senin (13/5).

“Iya, ini untuk mencegah hal-hal yang membuat laga nggak kondusif dan bisa menimbulkan berbagai macam hal,” lanjut Dirk.

Dirk menyebut, PT LIB akan belajar dari pengalaman musim-musim sebelumnya. Mereka juga akan sangat terbuka dengan pihak kepolisian.

“Kami juga kerja sama dengan pihak kepolisian supaya situasi panas di lapangan bisa dicegah. Kita tidak mau lagi ada kejadian seperti itu. Potensi kerusuhan harus diminimalisasi,” tutup dia.

Editor : Banu Adikara

Reporter : Indra Eka Setiawan