Praveen: Selain Siwei/Yaqiong dan Yilyu/Dongping, Kekuatan Pasangan Lain Rata

2622

JawaPos.com – Pebulu tangkis putra Indonesia Praveen Jordan mengakui bahwa sektor ganda campuran saat ini sedang dikuasai oleh dua pasangan digdaya Tiongkok, Zheng Siwei/Huang Yaqiong dan Wang Yilyu/Huang Dongping. Pasangan ranking 1 dan 2 dunia itu dinilai Praveen sebagai pasangan yang punya keistimewaan tersendiri di banding ganda campuran lainnya.

“Pokoknya menurut saya, selain yang pasangan ranking 1 (Siwei/Yaqiong, Red) dan 2 (Yilyu/Dongping) dunia, selebihnya kekuatannya merata,” ungkap Praveen.

Menurut Praveen, secara kemampuan, dua pasangan tersebut sebetulnya tidak jauh berbeda dengan pasangan lain. Namun, mereka punya  rasa percaya diri yang sangat besar. Hal inilah yang membuat keduanya begitu digdaya di sederet turnamen meskipun lawan-lawan mereka sudah berupaya begitu rupa untuk mendesak dan menjungkalkan mereka.

“Pertama, mereka pede. Kedua, mereka sudah solid sudah sama-sama ngerti. Pemain A mau mukul kemana, si B ke sini, polanya mereka juga sudah matang sekali. Jadi mau mukul seperti apapun mikirnya masuk,” ujar Praveen.

Partner Melati Daeva Oktavianti itu menambahkan, setiap kali bersua di lapangan, ia dan Melati sebetulnya punya kans menang yang besar. Hanya saja, keyakinan mereka meraih kemenangan tidak sebesar dua pasangan Negeri Tirai Bambu tersebut.

“Kami kalau ketemu Yilyu/Dongping kalahnya pun membuat mereka capek juga (skor ketat, Red). Ketemu Siwei/Yaqiong hampir menang di All England 2019. Lebih ke faktor pede. Bukannya kita nggak pede, tapi mereka lebih pede,” ujar Praveen.

Praveen/Melati sendiri tergabung dalam tim Indonesia di Piala Sudirman 2019. Merah Putih akan bertarung dengan Denmark dan Inggris di fase grup. Mengomentari laga di Piala Sudirman 2019 nanti, Praveen mengaku sudah siap.

“Kalau semua berjalan normal, pasti lolos ke perempat final. Harapan saya, Piala Sudirman bisa kembali ke Indonesia,” katanya.