Bangun Kedekatan dengan Anak Lewat 4 Kegiatan Sebelum Tidur

263
JawaPos.com – Membangun kedekatan dengan anak tak hanya dilakukan saat bermain saja. Tapi, hubungan yang baik bisa dibangun ketika hendak tidur pada malam hari.

Dilansir dari Motherly, Rabu (17/4), para ilmuwan mengatakan, kegiatan yang mengharuskan anak berkomunikasi atau berinteraksi dengan orang lain bisa mengembangkan kemampuannya dalam bersosialisasi. Dikatakan pula, kegiatan yang dilakukan bersama orang tua sebelum tidur bisa memberikan efek positif pada emosi anak.

Bahkan, kegiatan bersama anak sebelum tidur bisa mengurangi tingkat stres pada orang tua. Berikut ini, ada 4 kegiatan yang bisa dilakukan rutin sebelum tidur untuk membangun hubungan anak dan orang tua serta perkembangan emosi si buah hati.

1. Membaca Buku

Membaca buku akan membawa sentuhan yang dibutuhkan anak-anak. Seperti pelukan dan dekapan hangat yang menunjukkan rasa sayang dan perlindungan. Melalui buku juga membantu anak-anak mempelajari konsep baru, bahasa, dan keterampilan pra-membaca.

2. Menyikat Gigi

Menyikat gigi yang rutin memang dapat menjaga kesehatan gigi anak-anak. Tapi selain itu, kegiatan ini dapat membangun kemandirian dan keterampilan untuk perawatan diri.

3. Sapaan Selamat Malam

Sapaan malam bisa dengan memberitahu anak-anak bahwa Anda mencintai mereka, bangga pada mereka, dan memperhatikan semua hal positif kecil yang dilakukannya. Akan mengingatkan mereka bahwa, meskipun ada konflik atau momen yang menegangkan, mereka akan selalu menjadi orang favorit Anda di dunia.

4. Siapkan Air Putih

Memberi anak Anda segelas air putih sebelum tidur hingga menyelimuti sanga anak akan memperkuat peran Anda sebagai orang tua yang peduli.

Editor : Nurul Adriyana Salbiah

Reporter : Inriyani Sembiring