Butuh Latih Tanding Setara, Barito Ajak Duel PSIS

226

JawaPos.com – Jelang digulirkannya Liga 1 2019 pada 8 Mei mendatang, seluruh tim peserta makin serius mempersiapkan diri. Uji tanding menjadi bagian yang tak lepas dari persiapan. Karena, melalui uji tanding inilah kekuatan dan kesiapan tim bisa diukur.

Salah satu tim yang mulai memanaskan mesin adalah Barito Putera. Selain terus melakukan pembenahan tim jelang bergulirnya Liga 1 2019, Laskar Antasari pun mulai mencari lawan yang ideal sebagai mitra latih tanding. Barito rencananya akan menjajal salah satu tim Liga 1, PSIS Semarang.

Setelah menghadapi Borneo FC sebagai latih tanding beberapa waktu lalu, kini tim Barito Putera berencana mengajak PSIS untuk adu strategi. Gayung bersambut, tim Mahesa Jenar-julukan PSIS-menyambut baik ajakan Barito Putera untuk beruji coba.

“Rencana (lawan) PSIS Semarang, kedua tim sudah sepakat namun jadwalnya yang belum,” ungkap asisten manajer Barito Putera, Syarifuddin Ardasa. Untuk jadwal pastinya pria yang akrab disapa Udin ini menyebut kemungkinan besar akan digelar sebelum pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April nanti.

Sementara mengenai pemusatan latihan Udin mengaku sudah dipastikan dilakukan di Jogjakarta. Pelatih Barito Putera, Jacksen F Tiago mengatakan sudah menjadwalkan akan melakukan pemusatan latihan di Jogjakarta.

Mengenai berapa lama pemusatan latihan di Jogjakarta, Jacksen memperkirakan perlu waktu satu bulan. Terkait dengan uji coba lawan PSIS, Jacksen mengaku dia memang memerlukan simulasi beberapa pemain. Simulasi itu mulai dari mencoba beberapa posisi baru bagi pemain.

“Contoh Gavin yang bisa dicoba ke depan, Lucas dari belakang ke tengah dan sebaliknya,” ujar Jacksen.

Simulasi itu akan berlanjut di beberapa uji coba selanjutnya saat melaksanakan pemusatan latihan. Sehingga saat di Liga 1 nanti ada beberapa alternatif yang bisa digunakan. “Jadi di Liga kami bisa tahu di mana kekurangan dan kelebihan pemain di posisi baru itu,” pungkas legenda Persebaya Surabaya ini.