Siswa Menabung Sampah

112
EARTH HOUR : Siswa SMP Mutual Magelang menabung sampah di sekolah sebagai aksi peduli lingkungan. IST
EARTH HOUR : Siswa SMP Mutual Magelang menabung sampah di sekolah sebagai aksi peduli lingkungan. IST

RADARSEMARANG.ID, MAGELANG – SMP Muhammadiyah 1 Alternatif (Mutual) Kota Magelang mengadakan gerakan menabung sampah sebagai bentuk kepeduliannya dalam memperingati Earth Hour Se-Dunia 30 Maret.

Earth Hour adalah sebuah gerakan yang mengajak publik untuk melakukan aksi guna mengurangi dampak pemanasan global. Dalam persepsi publik, gerakan ini identik dengan penghematan energi.

Kepala SMP Mutual Wasiun mengatakan earth hour di SMP Mutual kali ini menggerakkan para siswa untuk membawa sampah anorganik atau plastik untuk ditabung sebagai bentuk kepedulian terhadap gaya hidup yang ramah lingkungan. Selain itu, kegiatan tersebut juga sejalan dengan program SMP Mutual yang menjadi sekolah adiwiyata di tahun 2019.

“Kegiatan ini untuk mengajak para siswa peduli lingkungan dan memberikan wawasan tentang lingkungan. Dengan mengajak para siswa melalui gerakan menabung sampah anorganik diharapkan mampu melahirkan kesadaran tentang cinta lingkungan dalam diri siswa,” paparnya.

Ardelia Ilmita Naya, salah satu siswa kelas VIII SMP Mutual merasa senang dengan adanya kegiatan tersebut. Biasanya kalau minum menggunakan botol plastik dibuang saja. Namun, dengan ada program menabung sampah ia rela mengumpulkan dan ditabung di sekolah.

“Selain belajar sadar lingkungan, sampah yang saya kumpulkan bisa ditukar dengan uang melalui bank sampah sekolah,” tambahnya. (*/lis)