Antisipasi Gagal Tanam dengan AUTP

132
JAGA PANEN : Petani di pekalongan mulai melakukan penamana padi. ALIEF MAULANA / RADARSEMARANG.ID,
JAGA PANEN : Petani di pekalongan mulai melakukan penamana padi. ALIEF MAULANA / RADARSEMARANG.ID,

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Dinas Pertanian dan Pangan (Disperpa) Kota Pekalongan mengimbau petani mendaftarkan diri dalam program Asuransi Usaha Tani Pangan (AUTP) sebagai upaya untuk memberikan perlindungan bagi para petani apabila tanaman yang dibudidayakan mengalami kerusakan akibat bencana ataupun serangan hama.

Program AUTP telah dibuat oleh pemerintah yang didtetapkan oleh peraturan menteri pertanian nomor 40/permentan/SR.230/7/2015 tentang fasilitas asuransi pertanian. Oleh
karenanya pemerintah gencar melakukan sosialisasi program tersebut agar dapat memberikan manfaat terhadap petani.

Disampaikan Kepala Dinas Dinperpa, Agus Jati Waluyo bahwa di Kota Pekalongan kesadaran petani untuk ikut program AUTP setiap tahun meningkat, akan tetapi pihanya tidak menargetkan luasan hektar lahan untukasuk dalam program tersebut.

“Kita diwilayah kota bukan sebagai sentral pertanian seperti kabupaten, kita sifatnya mendukung. Sehunggabtidak ada patokan target tertentu. Tetapi pelaksanaan program AUTP di Kota Pekalongan mengalami peningkatan. Disini kami bertugas mensosialisasikan program dari pemerintah agar para petani bisa lebih sejahtera,” ujar Jati, pada Jumat (29/3).

Sementara itu, Kabid Pertanian Darsari Resti Artanti, mengatakan bahwa Kota Pekalongan memiliki luas sawah 930 hektare, dengan luas tanam sebesar 744 hektare. Luasan tersebut dikelola 28 kelompok tani yang tersebar di empat kecamatan Kota Pekalongan. (alf/zal)