Cegah TBC, Beri Motivasi Penderita

123
MERIAH : Suasana jalan sehat di Jalan Veteran dalam rangka Hari TBC se-Dunia pada Jumat (28/3). (Lutfi Hanafi/RADARSEMARANG.ID)
MERIAH : Suasana jalan sehat di Jalan Veteran dalam rangka Hari TBC se-Dunia pada Jumat (28/3). (Lutfi Hanafi/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, BATANG – Tuberkulosis (TB) atau yang juga dikenal dengan TBC merupakan salah satu penyakit yang berbahaya di dunia. Namun penyakit ini bisa disembuhkan, terbukti hampir 90 persen penderita TBC dapat diobati hingga sembuh total dari 1.000 pasien di Kabupaten Batang. Sedangkan untuk penyembuhan penyakit menular ini cukup memakan waktu, yakni antara 6 bulan sampai 9 bulan.

“Selama ini kasus TBC di Batang hampir 90 persen bisa disembuhkan. Untuk itu harus ada tekat sembuh yang kuat dari pasien penderita sehingga tidak putus obat maupun bosan dalam proses penyembuhan,” tegas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang Hidayah Basbet saat memperingati Hari TBC Sedunia dengan acara jalan sehat dan senam bersama Jumat (28/3).

Basbet menjelaskan bahwa penyakit TBC bisa dihindari dengan melakukan langkah-langkah antisipasi, seperti membuka pintu dan jendela rumah sehingga ada sirkulasi udara serta sinar matahari masuk ke dalam rumah. Karena kuman TB dapat mati terkena sinar matahari. Serta jangan meludah sembarangan di dalam rumah, olah raga, minum air putih cukup dan makan sayur dan buah.

Sedangkan untuk gejalanya sendiri bisa diketahui dengan adanya batuk selama 3 minggu, keringat malam hari dan berat badan menurun. “Jika menemukan gejala seperti itu, segera periksa ke puskesmas untuk mendapat pengobatan yang maksimal sehingga dapat menunjang produktivitas hidup kita,” ujarnya.

Sementara terkait jalan sehat, Basbet menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan rangkaian terkahir dari peringatan hari TBC sedunia. Sebelumnya Dinas Kesehatan sudah melakukan beberapa kegiatan seperti sosialisasi dan penjaringan kasus TBC di Kecamatan Wonotunggal, Rutan Rowobelang, sosialisasi sekaligus pembagian masker di RSUD Kalisari kepada para pengunjung dan sosialisasi TBC melalui siaran radio.

Wakil Bupati Batang Suyono yang hadir juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk terus melakukan pencegahan serta menjaga kesehatan minimal diri dan keluarga. TB merupakan penyakit menular sehingga harus ada penanganan ekstra.

“Terkhusus untuk petugas kesehatan saya mengimbau selalu kenakan masker saat bekerja melayani pasien sebagai langkah antisipasi penularan penyakit. Untuk mencapai Indonesia bebas TB diperlukan sinergitas dari segala sektor, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah dan pihak swasta,” tandas wabup. (han/zal)