Siapkan Siswa Jadi Pendongeng Handal

46
TINGKATKAN LITERASI : Wali Kota Pekalongan Saelany Mahfudz mebuka workshop bercerita.ALIEF MAULANA /RADARSEMARANG.ID,
TINGKATKAN LITERASI : Wali Kota Pekalongan Saelany Mahfudz mebuka workshop bercerita.ALIEF MAULANA /RADARSEMARANG.ID,

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Pemkot Pekalongan melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) berupaya meningkatkan minat baca masyarakat, utamanya siswa dengan menggelar lomba bercerita. Lomba yang diikuti 69 siswa tingkat SD itu, kini telah mengerucut hingga 21 peserta. Mereka yang lolos kemudian mengikuti kegiatan workshop bercerita.

Wali Kota Pekalongan, Saelany Machfudz di sela workshop mengatakan bahwa saat ini budaya membaca dan bercerita mulai tergerus. Hal tersebut karena pengaruh kemajuan teknologi yang berdampak pada budaya perkembangan anak.

“Kebiasaan membaca buku dan mendongeng sudah mulai ditinggalkan, mereka lebih suka memegang gadget. Oleh karena itu, kegiatan workshop bercerita ini memang sangat penting sebagai upaya untuk pengembangan dan membudayakan membaca di kalangan anak-anak dalam menumbuhkembangkan minat baca anak,” ujarnya.

Menurut Saelany, bercerita adalah metode komunikasi universal yang sangat berpengaruh pada jiwa manusia. Kegiatan bercerita yang didapat dari kegemaran membaca buku ini dapat dilakukan dalam tiga jalur yaitu keluarga, pameran buku murah dan berkualitas, dan satuan pendidikan dengan mengembangkan dan memanfaatkan perpustakaan di tempat umum yang mudah dijangkau, murah, dan bermutu.

Sementara itu, Kepala Dinarpus Kota Pekalongan Erli Nufianti menyampaikan bahwa kegiatan workshop ini diharapkan para peserta mengetahui dan memahami bagaimana bercerita atau mendongeng yang baik dan benar, serta menyiapkan anak-anak menjadi pendongeng yang handal.

“Pemenang terbaik 1 lomba bercerita di tingkat kota akan mewakili Kota Pekalongan untuk mengikuti lomba cerita tingkat Provinsi Jawa Tengah,” kata Erli.
Erli berharap pemenang lomba bercerita tingkat Kota Pekalongan dapat lolos mewakili ke tingkat provinsi maupun tingkat nasional dan menjadi kebanggaan Kota Pekalongan. (alf/zal)