KPU Tetapkan 825 DPTb

46
PENETAPAN: Ketua KPU Kota Pekalongan menandatangani penetapan DPTb dalam rapat pleno ahap II.ALIEF MAULANA / RADARSEMARANG.ID,
PENETAPAN: Ketua KPU Kota Pekalongan menandatangani penetapan DPTb dalam rapat pleno ahap II.ALIEF MAULANA / RADARSEMARANG.ID,

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Sebanyak 825 daftar pemilih tambahan (DPTb) telah ditetapkan oleh KPU Kota Pekalongan. Dengan tambahan tersebut saat ini jumlah DPT Kota Pekalongan berjumlah 225.416 dari jumlah sebelumnya yaitu sebanyak 225.859. Penetapkan tersebut dilakukan pada rapat pleno rekapitulasi hasil penyusunan DPTb tahap dua, di Hotel Santika Rabu (20/3).

Disampaikan Ketua KPU Kota Pekalongan, Rahmi Rosyada Thoha bahwa penetapan DPTb tahap kedua ditetapkan pasca rekapitulasi data pemilih tambahan terakhir pada 17 Maret lalu. Dari 269 jumlah pemilih masuk, kini bertambah menjadi 825. Sementara pemilih yang keluar sebelumnya sebanyak 166 kini bertambah menjadi 1.268 orang.

“Ini adalah penetapan DPTb sesuai dengan regulasi yang telah ditentukan pusat yaitu H-30 hari sebelum pemungutan suara. Sudah kami tetapkan berjenjang mulai pada tanggal 18 Maret 2019 di tingkat PPS, tanggal 19 di PPK, dan hari ini, tanggal 20 Maret di tingkat KPU Kota Pekalongan,” ujar Rahmi. Rahmi.

Meskipun masa batas waktu pendataan dan pengurusan DPTb telah ditutup. Dikatakan Rahmi hingga saat ini masih ada laporan dan perubahan data dalam sistem Sidalih. Oleh karena pihaknya masih belum bisa memutuskan bagaiman data tambahan yang saat ini bertambah akan masuk dalam pemilihan pemilu mendatang.

“Sementara regulasi mengatakan bahwa kita hanya bisa merekap data H-30 hari sebelum pemilu. Untuk hal kasus diluar tanggal tersebut, kita masih menunggu regulasinya dari KPU pusat terkait teknisnya,” imbuh Rahmi.

Diterangkan Rahmi, ketersediaan surat suara di KPU Kota Pekalongan dirasa masih aman meskipun adanya penambahan DPTb ini. Surat suara akan mulai di distribusikan pada tanggal 13 April 2019.

“Sejauh ini ketersediaan surat suara akibat banyaknya pemilih yang pindah memilih yang masuk ke dalam DPTb ini di Kota Pekalongan masih aman. Rencana distribusi sudah dijadwalkan sesuai tahapan . Akan mulai distribusi tanggal 13 April 2019 yang di dropping ke PPK dan PPK yang akan meneruskan ke PPS selanjutnya disampaikan ke TPS masing-masing,” tandasnya. (alf/bas)