Dorong Sarjana Berani Berwirausaha

30
DEWI AKMALAH/RADARSEMARANG.ID,
DEWI AKMALAH/RADARSEMARANG.ID,

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG–Pemerintah mendorong generasi muda dan sarjana untuk berani berwirausaha. Pasalnya, selama ini sarjana setelah lulus hanya berorientasi untuk kerja tetap dan menjadi pegawai. Padahal menjadi wirausahawan justru membuka lapangan kerja baru.

“Tantangan pemerintah di masa depan adalah mengubah paradigma generasi muda khususnya sarjana dari berorientasi kerja tetap menjadi tetap kerja,” ujar Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) RI M Hanif Dhakiri, di Auditorium 2 Kampus 3 UIN Walisongo, Rabu (20/3) kemarin.

Menurutnya, terpenting dimiliki sarjana adalah skill. Namun skill yang belum ada, harus segera diasah dan di-upgride sesuai perkembangan zaman. “Pemerintah berjanji membantu generasi muda terlindungi dengan memberikan pelatihan skill yang terbaik,” katanya.

Hal senada diamini oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Suparman Syukur, yang mendorong lulusan UIN Walisongo dapat menjadi enterpreneur handal.

Kampus berupaya mendorong jiwa wirausaha mahasiswa, dengan memberikan pelatihan kerja, menyelenggarakan jobfair, mendukung mahasiswa untuk menyelenggarakan wirausaha di lingkungan kampus seperti bazar buku dan lainnya. “Sajana UIN memang banyak yang menjadi pegawai, tapi kami tetap mendorong lulusan untuk berani berwirausaha,” pungkasnya (cr4/ida)