Udinus Penuhi Tenaga Otomotif

38

RADARSEMARANG.ID, SEMARANG-Tingginya kebutuhan tenaga kerja di Jepang, dimanfaatkan oleh Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang untuk mengirimkan tenaga kerja lulusan dari Fakultas Teknik (FT) untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di industri otomotif.

Salah satunya adalah dengan memberikan rekomendasi lulusan yang berkompeten kepada PT Unicraft Nagura Indonesia. Yakni, perusahaan penanaman modal asing (PMA) dari Jepang yang berlokasi di Cikarang Bekasi. Total ada 10 mahasiswa dari FT Udinus yang akan dikirimkan untuk bekerja di perusahaan tersebut.

“Produk-produk yang dihasilkan antara lain suku cadang untuk mobil manual seperti kopling, power steering, sistem rem dan lain-lain,” kata Representative Presiden Director PT Unicraft Nagura Indonesia Morushita Hideyuki, Selasa (19/3) kemarin.

Menurut Morushita, digandengnya FT Udinus ini karena memiliki pengalaman untuk mencetak tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sebelumnya, kedua pihak menandatangi MoU tentang pengembangan kerjasama yang lain, di antaranya menjadikan perusahaan tersebut sebagai tempat magang bagi mahasiswa FT Udinus. “Kami juga membuka kesempatan magang bagi mahasiswa FT Udinus untuk meningkatkan soft skill dan hard skill,” tambahnya.

Dekan FT Udinus, Dian Retno Sawitri menambahkan, dilakukannya penandatanganan kerjasama tersebut adalah tonggak awal untuk mengembangkan sumber daya manusia terutama kalangan mahasiswa. Ia berharap, ke depannya kerjasama dapat berkembang, tidak hanya untuk FT Udinus, namun juga untuk fakultas-fakultas lain di Udinus. “Kami akan terus jalin kerjasama yang tidak hanya menguntungkan kampus Udinus, namun bermanfaat besar bagi lulusan Udinus sendiri,” jelasnya. (den/ida)