Satpol Harus Peka Kondisi Lingkungan

69
ULANG TAHUN : Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito didampingi Wakil Wali Kota Windarti Agustina menyerahkan potongan tumpeng ulang HUT ke-57 Satpol PP dan HUT Satlinmas ke-57 tahun 2019 tingkat Kota Magelang. (Humas Pemkot Magelang for JP Radar Kedu)

RADARSEMARANG.ID,MAGELANG – Seluruh personel Pemadam Kebakaran (Damkar), Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) siap menjaga garda terdepan ketertiban umum serta kondusivitas masyarakat. Untuk itu, Satpol PP dituntut untuk peka terhadap tugas dan kondisi di lingkungan sekitar.

Kepala Satpol PP Singgih Indri Pranggana, Selasa (19/3/2019) di sela-sela peringatan HUT ke-100 Damkar, HUT ke-69 Satpol PP dan HUT ke-57 Satlinmas 2019 tingkat Kota Magelang mengatakan tugas setiap satuan, baik Damkar, Satpol PP maupun Satlinmas, kini berkembang.

Perkembangan tugas ini, menurut Singgih, sebagai wujud komitmen Satpol PP terhadap perkembangan zaman dan peka terhadap masyarakat. “Damkar misalnya, sering melakukan penanganan ular berbisa dan lebah. Karena sering ada laporan warga yang tidak berani menangani lebah secara mandiri. Damkar juga melakukan pelatihan dan edukasi pelajar,” katanya.

Singgih mengungkapkan, tidak hanya Damkar tetapi perkembangan tugas juga terjadi di Satpol PP dan Satlinmas. Selain bertugas melakukan penertiban, menurutnya, juga kerap ikut bergotong-royong bersama masyarakat, membantu mengatur lalu lintas bersama Polri serta patroli bersepeda.

Singgih menyebut, saat ini jumlah personel Satpol PP Kota Magelang mencapai 53 orang (ASN), Banpol 74 orang, tenaga kontrak 9 orang, Damkar 48 orang dan Satlinmas inti 40 orang. Untuk sarana prasarana, memiliki truk, 4 mobil patroli, 1 mobil pengawalan, 7 mobil Damkar, dan lainnya.

“Tahun ini, hadiah ulang tahun bagi kami yakni Satlinmas Kota Magelang mendapat juara 2 kinerja dan inovasi Satlinmas tingkat Provinsi Jawa Tengah dan juara 3 kinerja dan inovasi Satpol-PP tingkat Jawa Tengah,” imbuhnya.

Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito dalam kesempatan tersebut, berpesan bahwa semua personel harus peka, dan tanpa harus menunggu perintah.
“Kalau saudara lihat ada yang parkir di trotoar ya ditertibkan, saudara kan tahu kalau itu melanggar peraturan ketertiban umum. Jangan apatis,” ujarnya.

Sigit mengaku bangga sekaligus berterimakasih karena sejauh ini, Satpol PP telah menjaga komitmen menjalankan tugas sesuai keahlian masing-masing. Mereka, menurut Sigit, ikut berperan menjadikan Kota Magelang tetap bersih, aman dan tertib.

“Saya bangga, terimakasih telah berkomitmen terhadap tugas sesuai keahlian masing-masing. Saya berpesan dimanapun bertugas, laksanakanlah dengan baik, jangan setengah-setengah,” ucapnya.

Sigit juga mengingatkan para personel Damkar, Satpol PP, maupun Satlinmas, untuk selalu latihan fisik meski tidak sedang bertugas. Selain itu, menurutnya, para personel harus selalu mengedepankan pendekatan humanis ketika berhadapan masyarakat.

“Tetap latihan fisik, jadi setiap saat kalau ada kejadian tidak kaget, siap siaga. Termasuk cek mobil. Personel juga harus punya kecerdasan berpikir misalnya kalau ada laporan kebakaran bodong (palsu). Demikian juga dengan personel Satlinmas, yang diharapkan tetap berperan aktif bersama masyarakat menjaga keamanan, khususnya menjelang Pemilu 2019,” tukasnya. (had/lis)