Kodim Temanggung Asah Kemampuan Menembak

76
LATIH KETRAMPILAN : Anggota Kodim 0706 Temanggung latihan menembak untuk meningkatkan keterampilan. (Tabah Riyadi/Radarsemarang.Id)

RADARSEMARANG.ID,TEMANGGUNG – Meski tidak memiliki tugas utama untuk bertempur, sejumlah anggota Kodim 0706 Temanggung tetap diasah untuk latihan menembak di lapangan Tembarak Maron, Senin (18/3/2019).

Hal tersebut merupakan bagian upaya Kodim Temanggung untuk selalu memelihara dan meningkatkan kemampuan dasar kemiliteran anggota untuk mengasah nalurinya.

“Tujuan kegiatan ini untuk memelihara kemampuan prajurit dalam hal menembak. Meski anggota kodim tidak memiliki tugas utama untuk bertempur, namun manakala keadaan memaksa, kita pastikan mereka memiliki standar dalam hal menembak,” ungkap Komandan Kodim 0706 Temanggung, Letkol Inf A.Y David Alam.

Menurutnya menembak merupakan kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh anggota TNI sebagai benteng penjaga keutuhan NKRI. “ Selain itu kemampuan itu juga harus terus diasah guna menunjang tugas kemiliteran yakni dengan latihan bertahap, bertingkat dan berkelanjutan,” ujarnya.

Ketika para prajurit rutin dalam melakukan latihan, menurutnya naluri prajurit dalam keterampilan serta kemahiran dasar dalam menembak akan tercapai. “Maka dari itu latihan ini rutin kami lakukan,” tegasnya.

Sebelum latihan dimulai, para prajuritpun terlebih dahulu dibekali dengan teori menembak mulai dari sikap hingga cara menembak yang benar. Merekapun dibekali dengan senjata laras panjang SS1 P3 yang memiliki jarak tembak sejauh 100 meter. (cr6/lis)